0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Banjir di Wonogiri

Bupati Imbau Bantuan Logistik Dihentikan, Ini Alasannya

FK IKM Wonogiri droping bantuan Sembako di dua kecamatan terdampak bencana alam (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bantuan dari pihak luar mulai berdatangan di sejumlah kecamatan terdampak. Meski demikian, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengimbau agar donatur untuk tidak mengirimkan bantuan berupa logistik.

“Dari BNPB sudah kami terima tadi pagi bantuan Rp 200 juta, itu nanti akan dipergunakan pembangunan infrastruktur (jembatan) darurat di wilayah terdampak bencana alam,” beber Bupati Joko Sutopo, Kamis (30/11).

Disampaikan, adanya bantuan dari pihak luar yang akan membantu korban terdampak bencana alam, pihaknya pun sangat mengapresiasi.

“Ya kalaupun ada pihak luar yang akan membantu kami sangat berterimakasih, tapi kalau boleh saya imbau alangkah baiknya bantuan itu berwujud pendanaan atau anggaran. Karena saya rasa bantuan logistik saat ini cukup,” katanya.

Menurut Bupati, bantuan logistik Pemkab sejak kejadian telah didistribusikan. Bantuan logistik itu terdiri mi instan obat-obatan dan selimut. Semuanya telah dikaver Pemkab dengan dana BTT dan juga para donatur.

“Bahkan saat ini saya sudah pesan 1000 selimut, mungkin dalam perjalanan kemari,” jelasnya.

Sementara dalam pendistribusian bantuan dari pihak luar masih dilakukan secara personal. Meski tak melanggar aturan,namun alangkah baiknya jika bantuan dikelola dan distribusikan melalui satu lembaga resmi.

“Kan kita punya lembaga resmi, sehingga lebih baik jika bantuan dikoordinir lewat satu pintu yakni BPBD,” tandasnya.

Sementara itu, puluhan anggota Forum Komunikasi Industri Kecil Menengah (FK IKM) Wonogiri di bawah naungan Disperindagkop UMKM menyerahkan bantuan berupa Sembako di dua titik yakni di Kecamatan Tirtomoyo dan Eromoko.

“Tak hanya Sembako, kami juga menyalurkan bantuan pakaian pantas pakai, selimut dan uang tunai, juga produk-produk IKM,” kata Kasidi, Penyuluh Perindagkop Diseperindagkop UMKM Wonogiri.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge