0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

8 Mahasiswa Asing Ikut Pameran Batik di FSRD UNS

Pameran Wonderful Batik #2 di Galeri FSRD UNS (dok.timlo.net/tyo eka)
Solo — Sebanyak 18 mahasiswa asing berasal dari 14 negara peserta kegiatan International Batik Short Course menggelar pameran Internasional Batik Short Course Exhibition dengan tema Wonderful Batik #2 tahun 2017, di Gedung Galeri FSRD Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu -Kamis (29-30/11).
“Kegiatan ini diselenggarakan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS sebagai salah satu fakultas yang berkecimpung dalam seni rupa dan desain. FSRD berkomitmen untuk tetap mengembangkan unsur budaya lokal sebagai salah satu daya tarik dari fakultas,” ujar Dekan FSRD UNS Ahmad Adib kepada wartawan, Kamis (30/11).
Adib mengatakan, “Wonderful Batik #2” merupakan pameran karya-karya dan foto-foto hasil kegiatan International Batik Short Course bagi mahasiswa asing pada bulan Juli (I) dan Oktober (II). Disbeutkan, 18 mahasiswa asing  yang ikut pameran berasal dari Peru, Vietnam, Jerman, India, Myanmar, Polandia, Mesir, Slovakia, Filipina, Thailand, Kamboja, Tajikistan, Timor Leste, dan Yunani.
Ketua panitia pameran Diyah Yuni Kurniawati mengatakan, selain mahasiswa asing, pameran juga diikuti oleh mahasiswa, alumni dan dosen FSRD UNS. Pameran menyuguhkan berbagai bentuk karya yang diproduksi dengan teknik bati, yaitu proses perintangan warna dengan menggunakan malam panas dengan menggunakan berbagai media. Menyuguhkan berbagai karya dengan paduan beragam teknik, jenis, warna dan pemanfaatannya.
“Pameran IBSC “Wonderful Batik #2” diharapkan mampu memberi edukasi dan informasi mengenai karya batik serta sebagai bentuk apresiasi atas penciptaan karya-karya yang terlibat. Karya-karya mereka divisualkan melalui teknik batik tulis, batik cap dan batik kombinasi dengan pewarnaan alami kayu tinggi dan pewarnaan sintetis naphtol serta remasol,” imbuh Diyah Yuniawati.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge