0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Aliran Listrik Padam, Pasokan Air Bersih Minim

Korban terdampak bencana alam ditenda pengungsian (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sejumlah kecamatan terdampak bencana alam mengalami pemadaman listrik sejak dua hari belakangan ini. Ditambah lagi, sejumlah sumber air bersih milik warga rusak akibat banjir.

“Sejak kemarin malam sudah tidak ada listrik. Serem sekali, di sini gelap gulita,” kata Sri Rianti warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Rabu (29/11).

Menurut dia, selain listrik para pengungsi juga membutuhkan pasokan air bersih. Pasalnya, banyak sumber mata air dan sumur milik warga jebol dan tertimbun longsor serta tertutup lumpur akibat diterjang banjir bandang.

“Saat ini banyak warga desa terdampak mulai mengungsi di desa ini, kami jadi kasihan sampai kapan ada listrik lagi kami tidak tahu, ” keluhnya.

Sementara itu, hal serupa terjadi di Kecamatan Nguntoronadi tepatnya di Desa Bulurejo dan Kulurejo. Penerangan berupa genset hanya terdapat diposko taktis dan dapur umum di Dusun Karangturi. Sementara warga yang berad di pengungsian menggunakan alat penerangan seadanya.

“Sejak banjir bandang itu datang, aliran listrik langsung dipadamkan. Apalagi saat ini kondisi cuaca masih hujan terus, bakal lama listrik tidak nyala mas, ” beber Supri warga Dusun Karangturi, Desa Bulurejo, Nguntoronadi.

Dia juga mengatakan, sejak kemarin malam, warga sudah mendapatkan bantuan logistik yang didistribusikan dari BPBD Wonogiri dan sejumlah bantuan.

“Bantuan berupa mie instan, selimut dan obat- obatan, ” tuturnya.

Camat Pracimantoro, Warsito mengatakan, aliran listrik sejak pagi tadi telah dinyalakan. Bahkan, distribusi air bersih pun sudah lancar. Dia menyebut selain bantuan dari Pemkab Wonogiri, bantuan dari pihak luar juga sudah berdatangan, salah satunya dari gereja Katolik Yosodipuran dan sejumlah donatur dari Surakarta. Disisi lain, kondisi banjir bandang sudah surut, namun masih ada satu desa yakni Desa Joho masih terendam air setinggi satu meter.

“Tadi, di Desa Trukan, mantan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto beserta keluarga juga memberikan bantuan, tapi bentuknya apa kami tidak tahu, soalnya langsung diberikan kepada warga terdampak, ” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge