0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Petakan IKP

Ketua Panwaslu Karanganyar Kustawa Esye. (Raymond)

Karanganyar – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karanganyar mulai memetakan daerah-daerah rawan, yang berpotensi muncul pelanggaran dalam proses penyelenggaraan Pilkada Karanganyar 2018. Pemetaan itu didasarkan pengalaman pemilu periode sebelumnya dan perkembangan terkini masyarakat.

“Hasil pemetaan dituangkan dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), yang akan menjadi salah satu pedoman untuk mengantisipasi munculnya potensi kerawanan serupa di daerah yang sama,” kata Ketua Panwaslu Karanganyar, Kustawa Esye kepada Timlo.net, Rabu (29/11).

Dia mencontohkan, kerawanan yang pernah muncul dalam pelaksanaan pemilu sebelumnya adalah pemungutan suara ulang di wilayah Mojogedang. Ada juga kasus kampanye hitam (black campaign) di sejumlah wilayah.

“Dengan adanya pemetaan maka bisa melangkah antisipatif. Sehingga, potensi kerawanan yang dulu terjadi, bisa diupayakan tidak terulang lagi,” tuturnya.

Pemetaaan IKP, menurut Kustawa, dilakukan jajaran Panwaslu bersama seluruh jajaran kepolisian sektor (polsek) se-Karanganyar.

Hasil pemetaan di tingkat kecamatan, selanjutnya dihimpun di Panwaslu kabupaten, untuk kemudian dilaporkan ke provinsi dan pusat. Panwaslu pusat rencananya akan me-launching IKP secara nasional pada 28 November mendatang.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge