0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tirta Gangga, “Sungai Gangga”-nya Pulau Bali

(foto: nautil.com)

Timlo.net – Ada banyak tempat wisata di Bali yang sangat eksotis, termasuk salah satunya – Tirta Gangga. Yang bikin lokasi ini unik adalah kolam yang ada di sana bukan sekadar kolam untuk pemandian saja tetapi juga memiliki nilai sejarah dan makna filosofis tertentu. Terdiri dari kolam, taman dan banyak patung – objek wisata tersebut terbentang seluas 1,2 hektar! Kamu harus ke sini deh!

Sejarah yang Wajib Kamu Ketahui

Awalnya destinasi ini dibangun oleh Raja Karangasem di tahun 1946. Nama “Tirta Gangga” berasal kata “Tirta” yang artinya air suci dan juga “Gangga” yang diambil dari nama sungai di India, Sungai Gangga. Nama tersebut digunakan untuk menghormati masyarakat Hindu Bali. Tamannya sendiri telah direnovasi beberapa kali oleh pemerintah Bali. Bahkan pernah direnovasi akibat letusan salah satu gunung tertinggi di Bali, Gunung Agung. Meski sempat rusak parah, Tirta Gangga masih mempertahankan karakter aslinya sebagai bangunan lawas yang merupakan peninggalan zaman kerajaan.

Jelajah Seru Berkeliling Kawasan Tirta Gangga

Saat memasuki kawasan Tirta Gangga, kamu bakal disambut patung-patung yang berbaris seperti prajurit. Kemudian, kamu bakal diajak berjalan lewat jalan setapak yang ada di atas kolam. Jalanannya berupa batu-batu berderetan seperti jembatan. Di area inilah yang paling cocok untuk foto-foto cantik! View kolam juga cukup terlihat dari tempat tersebut.

foto:kintamani.id (@anastasia__ta)

Kolamnya sendiri merupakan air yang mengalir dari mata air Rejasa. Di kawasan kolam dan seluruh area, kamu bakal merasakan kesejukan yang tiada tara. Airnya jernih dan sangat segar! Bikin betah berlama-lama. Oh ya, jangan segan untuk berenang di dalam kolam. Tersedia kolam renang dengan hiasan patung unik sebagai pancuran air yang bakal bikin kegiatan mandi kamu makin keren. Sebagai informasi, kolam yang bisa digunakan wisatawan untuk berenang bernama Kolam Air Sanih. Area untuk orang dewasa dan anak-anak juga dibedakan supaya aman bagi anak-anak. Kedalam kolamnya berbeda. Desain kolamnya kental khas Kerajaan. Jadi, kamu bakal merasakan pengalaman berenang dan berendam yang berbeda dari kolam biasanya!

Puas menikmati kolam, kamu pun bisa keliling taman dan santai di restoran yang ada di bagian atas. Tersedia juga pusat oleh-oleh khas Bali.

Rute ke Kawasan Tempat Wisata Tirta Gangga

foto: mybaliholiday.net

Sekarang sih sudah cukup gampang, ya, untuk sampai ke sana. Kamu bisa gunakan jasa sewa mobil atau pergi berbarengan grup tur tertentu. Ikut dengan paket wisata tertentu biasanya akan lebih murah. Oh iya, tiket masuk ke kawasan ini dibanderol murah, kok. Tidak sampai 10 ribu per orangnya!

Lokasi tepatnya Tirta Gangga adalah di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, di bagian ujung timur Bali. Dari Bandara Ngurah Rai, kawasan tersebut bisa dicapai dengan rute perjalanan sepanjang 75 kilometer. Cukup lumayan namun sangat worth it untuk disambangi. Penginapan di sekitar kawasan tersebut juga bervariasi.

Nah, karena perjalanan ke kawasan Tirta Gangga sendiri sudah cukup jauh dari pusat kota Pulau Bali maka tidak ada salahnya juga untuk eksplor kawasan lainnya. Beberapa tempat wisata di Bali Kabupaten Karangasem ini, antara lain: Pura Lempuyangan, Ujung Water Palace, Kedai Rumah Pohon Temega serta Pantai Padangbai, Candi Dasa, Bukit Jambul, Pantai Labuhan Amuk dan sebagainya. Intinya, sediakan waktu yang cukup panjang ketika berkunjung ke daerah Karangasem, Bali serta sekitar kawasan Taman Tirta Gangga. Happy exploring! (*)

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge