0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kesalahan Ini Rusak Hasil Olahraga Anda

Angkat beban (Google Images.)

Timlo.net—Kebanyakan orang langsung menuju mesin kardio sebelum angkat beban saat berolahraga. Melakukan sedikit kardio, memompa jantung Anda dan melumasi otot. Tapi menuju treadmill terlebih dulu sebelum olahraga lagi bisa merugikan. Oleh karena itu pelatih pribadi Max Lowery merekomendasikan memulai olahraga dengan angkat beban.

“Merupakan sebuah kesalahan besar melakukan kardio Anda dan membuat diri sendiri lelah sebelum melakukan angkat beban,” ujar Max kepada the Independent.

“Jika Anda ingin sesi angkat beban Anda 100 persen efektif, maka Anda perlu berada dalam kondisi segar,” tambahnya.

Menurut Max, sesi kardio yang berat bisa mengurangi energi ledakan yang tersimpan di dalam otot. Hal ini membuat Anda lelah begitu Anda akan melakukan sesi angkat beban. Hasilnya, latihan kekuatan dan angkat beban tidaklah seefektif yang diharapkan. Membuat diri lelah sebelum sesi angkat beban juga membuat Anda rawan terkena cidera.

Tapi memulai angkat beban dengan otot yang dingin juga tidak akan menolong. Untuk menghindari luka, Anda masih perlu mempersiapkan diri. “Memanaskan tubuh Anda membuat darah mengalir untuk menolong melumasi sendi-sendi Anda, yang bisa menolong mencegah Anda dari melukai diri,” ujar William Suggs, seorang pelatih bersertifikat dan ahli nutrisi olahraga berlisensi di Kota New York, Amerika Serikat (AS) kepada Reader’s Digest. Dia menyarankan mulai dengan jalan-jalan ringan selama 10 menit atau peregangan ringan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge