0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peminat Transmigrasi Membludak, Kuota Minim

Pelepasan transmigran oleh Aawali Surakarta (timlo.net/heru gembul)

Solo — Kuota transmigrasi Kota Solo tidak sebanding dengan animo masyarakat Kota Bengawan. Dari puluhan Kepala Keluarga (KK) yang mengantri ikut program transmigrasi, tahun ini, hanya ada lima KK yang diberangkatkan menuju lokasi transmigrasi.

“Puluhan Kepala Kelurga yang mendaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Solo, tapi hanya lima KK yang diberangkatkan tahun ini,” papar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Solo Agus Sutrisno, saat memberangkatkan transmigran di Hotel Pajang, Senin (27/11).

Agus Sutrisno mengatakan, jatah lima KK itu termasuk paling banyak dari kabupaten Kota di Jateng. Sebab Provinsi Jateng tahun ini mendapatkan jatah 100 KK kemudian dibagi untuk 27 daerah. Saat ini pihaknya masih mendata daftar tunggu antrian yang berjumlah 25 KK.

“Lima KK ini kita lepas dari Solo, untuk kemudian dibawa ke Semarang untuk dilepas oleh Gubernur. Mereka akan menempati lokasi transmigrasi SP2, Desa Sepunggur, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara,” katanya.

Transmigran dari Solo selain mendapatkan lahan pertanian 1,5 hektar juga akan mendapatkan jaminan hidup dari pemerintah. Lahan yang akan digarap merupakan daerah tersubur dan ditetapkan oleh Kabupaten Bulungan sebagai wilayah peyangga pangan.  Selain itu juga mendapatkan bantuan peralatan untuk menggarap lahan.

“Lokasi ditetapkan sebagai penyangga pangan Kab Bulungan. Program sharing provinsi Jateng akan membangunkan rumah dan perlengkapan jalan lingkungan. Serta jaminan hidup dari Kementerian. Pemkot Surakarta ikut membiayai yang dianggarkan APBD perubahan,” terang dia.

Pemberangkatan transmigran dilakukan Wakil Walikota Achmad Purnomo. Menurut Purnomo dibutuhkan kesabaran, keuletan dan ketelatenan untuk menjadi transmigran yang berhasil.

“Ulet dan tekun, itu kuncinya. Jangan menyerah dengan keadaan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge