0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak SD Jadi Sasaran Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas

Sosialisasi keselamatan lalu lintas yang dilakukan Polsek Pasar Kliwon di SD Negeri 27 Kauman, Pasar Kliwon, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)
Solo — Kesadaran taat berkendara lalu lintas wajib ditanamkan sejak usia dini. Sehingga, saat mereka dewasa tidak ada unsur paksaan agar taat dalam aturan berkendara.
Seperti upaya yang dilakukan oleh Polsek Pasar Kliwon terhadap para siswa di SD Negeri 27 Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Di hadapan ratusan siswa SD, Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Aditya Mulya Ramdhani mematik kesadaran para anak-anak tersebut untuk mengenakan helm guna mengantisipasi hal diinginkan terjadi saat berkendara sepeda motor.
“Kami prihatin, banyak diantara orang tua yang kurang peduli terhadap keselamatan anak-anak saat mengantar dan menjemput mereka. Orang tua, banyak yang tidak memakaikan helm untuk melindungi keamanan kepala jika terjadi hal tak diinginkan,” jelas Kapolsek AKP Aditya Mulya Ramdhani ditemui di sela kegiatan tersebut, Senin (27/11) pagi.
Banyak alasan dikemukakan, mulai dari para anak-anak masih terlalu kecil untuk mentaati aturan lalu lintas hingga sulitnya mencari helm ukuran anak-anak. Meski begitu, para orang tua seharusnya lebih memperhatikan keselamatan sang anak jika tak ingin terjadi hal yang tak diinginkan.
“Tadi, secara simbolis kita memberikan helm kepada para siswa agar mereka mengenakan helm saat berada di atas sepeda motor,” katanya.
Pihaknya juga meminta bantuan kepada pihak sekolah, agar melakukan sosialisasi kepada wali murid supaya mengenakan helm kepada putra-putri mereka baik mengantar maupun menjemput ke sekolah.
“Jika upaya ini telah dimulai sejak dini, maka kedepan mereka akan sadar bahwa aturan lalu lintas dibuat untuk melindungi diri mereka sendiri,” jelas Kapolsek.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge