0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyaluran Bakat Anak Berkebutuhan Khusus pada Hari Difabel Internasional

Peringatan Hari Difabel Internasional (timlo.net/heru gembul)

Solo — Mahasiswa dari FKIP Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNS menampung apresiasi seni dan kerajinan bagi penyandang disabilitas. Acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Difabel Internasional yang jatuh pada 3 Desember setiap tahunnya. Tahun ini, ajang apresiasi tersebut digelar di lantai dua Solo Grand Mall.

“Tiap pekan Mall menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi orang. Makanya kami memilih lokasi ini agar masyarakat banyak yang menyaksikan bakat anak-anak,” ungkap Ketua Panitia Peringatan Hari Difabel Internasional PLB UNS Pradita Mandala Putra, Minggu (26/11).

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama hampir dua pekan ini melibatkan delapan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di eks karesidenan Surakarta. Dalam kegiatan ini menampilkan bakat anak-anak berkebutuhan khusus, mulai dari menyanyi, menari, hingga modeling. Ditambah lagi banyak pameran yang menyajikan hasil karya kerajinan tangan anak-anak berkebutuhan khusus. Beberapa barang hasil kerajinan seperti kerajinan pembuatan kalung, kerajinan pembuatas sapu, dan lainnya juga turut dipamerkan dalam acara ini.

“Secara garis besar, kita ingin menampilkan semua potensi yang dimiliki oleh anak-anak ini, kepada masyarakat,” lanjut dia.

Salah satu murid dari SLB Harmoni, Syarifudin dengan penuh rasa percaya diri tampil menyanyi di hadapan puluhan pasang mata pengunjung Mall. Dirinya menyanyikan lagu Surat Cinta untuk Starla.

“Saya suka menyanyi, saya senang mendengarkan lagu,” kata Syarifudin saat dijumpai sejumlah awak media.

Dirinya mengaku juga tak memerlukan waktu lama untuk berlatih dan menghafal lirik lagu.

Sementara Public Relation SGM Ni Wayan Ratrina mengatakan secara penuh mendukung penyelenggaraan acara tersebut. Apresiasi dari masyarakat cukup bagus dalam memberikan respon terhadap acara tersebut.

“Meskipun para penyandang disabilitas ini hidup dalam berbagai kekurangan, namun mereka mempunyai kelebihan yang patut untuk diapresiasi masyarakat,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge