0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudirman Said Ajak Mahasiswa Kritis Terhadap Kebijakan Energi

Solo – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengajak generasi muda khususnya mahasiswa kritis terhadap kebijakan energi pemerintah. Mereka diharapkan dapat melihat arah kebijakan dalam jangka panjang.

“Ini kan temen-temen (mahasiswa) yang 20 tahun lagi menjadi pemimpin harus berpikir jangka panjang,” kata dia saat membuka Seminar Nasional Mechafest 2017 di Auditorium UNS, Sabtu (25/11).

Pada seminar bertema Tantangan Pengembangan Renewable Energy di Indonesia untuk Ketahanan Energi Nasional itu, Sudirman Said mengajak mahasiswa aktif kritis terhadap kebijakan energi yang diambil pemerintah. Utamanya dalam hal mendorong pemanfaatan potensi energi terbarukan yang selama ini belum optimal.

“Caranya tidak harus dengan cara-cara yang keras. Perbanyak riset, sampaikan ke pemegang kebijakan,” kata dia.

Padahal, Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi untuk memproduksi energi dari sumber-sumber lestari. Letak geografisnya yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia terpapar sinar matahari dengan intensitas dan durasi yang paling lama dibanding wilayah lain.

Indonesia juga berpotensi mengembangkan energi dari tanaman karena tanahnya yang subur dan iklim yang sangat mendukung untuk menanam. Belum lagi potensi energi panas bumi Indonesia yang disebut-sebut sebagai nomor dua terbesar di dunia.

“Hanya saja memang butuh kebijakan yang memihak dan jangka panjang. Memang tidak bisa dinikmati saat ini. Harus nunggu dulu,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge