0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pak Jokowi dan Bu Iriana Luwes Menari Tortor

Ngunduh mantu Bobby-Kahiyang (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta ibu negara Iriana Joko Widodo melakukan tari tortor saat Mata Ni Horja atau puncak resepsi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Keduanya, menari di barisan yang berbeda dan pada sesi ke-3 prosesi adat Manortor.

Acara tersebut digelar di perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi di Kota Medan, Sabtu.

Dengan mengenakan ulos, posisi telapak tangan Jokowi tampak menghadap ke bawah menandakan bersiap untuk melakukan tari tortor. Sebelumnya, ia beserta Iriana duduk diapit oleh keluarga Siregar yang mengangkat Kahiyang sebagai ‘mora’ atau anak perempuannya.

Jokowi menari satu baris bersama keluarga dari Siregar, keluarga dekatnya termasuk yang berasal dari Solo. Ia tampak luwes melakukan gerakan yang diakuinya belajar dari ‘Youtube’ dengan didampingi oleh para bapak.

Sekitar 10 menit Jokowi menari sambil diringi gondang sembilan. Selain itu, lemparan beras kuning yang merupakan simbol kemakmuran pun diterima Jokowi ketika ia menari.

Setelah Presiden, bergantian Ibu Negara Iriana Jokowi manortor juga diiringi oleh para ibu dari keluarga Siregar dan keluarga dari Solo. Tampak istri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Panjaitan, istri Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan besan Iriana, yaitu Ibunda Bobby ikut menari.

Nampak luwes dan hanyut dalam prosesi adat, Iriana terlihat tidak mengenakan alas kaki dan menari sselama 10 menit. Kedua tari tortor itu adalah tari tortor mora yang menunjukkan Presiden dan Ibu Iriana sudah masuk dalam keluarga Siregar. [rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge