0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Firefox Akan Peringatkan Pengunjung Situs yang Dihack

Sistem notifikasi Firefox. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Situs-situs mengalami pembobolan data adalah sebuah fenomena umum saat ini. Kita seringkali mendengar jika situs-situs ditarget oleh para hacker yang ingin mencuri data para pengunjung. Sayangnya, sulit bagi pengguna biasa untuk tahu jika sebuah situs yang mereka kunjungi disusupi alat jahat dari para hacker untuk mencuri data mereka. Oleh karena itu Firefox menciptakan sebuah fitur untuk memperingatkan pengguna saat mereka mengunjungi sebuah situs yang sebelumnya mengalami pembobolan data.

Mozilla mengembangkan sistem notifikasi untuk Firefox. Sistem itu akan menampilkan peringatan keamanan saat pengguna mengunjungi situs yang pernah dibobol, tulis Ubergizmo. Fitur ini akan menggunakan data dari “Have I Been Pwned?”. “Have I Been Pwned?” adalah sebuah situs yang mengindeks pembobolan data publik. Para pengguna bisa mengecek jika data mereka bocor di internet dari salah satu usaha pembobolan ini dengan menggunakan layanan ini.

Mozilla baru-baru mengerjakan fitur tersebut. Oleh karena itu kode untuk menunjukkan peringatan ini tidak ada dalam codebase Firefox sekarang ini. Kode itu dibuat terpisah sebagai add-on. Mozilla menyediakan kode add-on itu di GitHub. Semua orang yang memahami pemrograman komputer bisa mengkompilasi dan mengimpor kode itu ke Firefox. Untuk saat ini kode itu hanya tersedia untuk Firefox Developer Edition.

Proses pengembangan ini masih dalam tahap awal. Sistem itu mengeluarkan notifikasi saat pengguna mengunjungi situs yang pernah mengalami pembobolan data. Sistem itu bahkan memiliki input field di mana pengguna bisa mencari dan mengecek jika data mereka bocor dalam usaha pembobolan itu. Mozilla belum mengkonfirmasi jika dan kapan fitur ini akan dirilis untuk pengguna umum.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge