0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkominfo Wacanakan Sertifikasi Pengguna Media Sosial

Menkominfo Rudiantara​ (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengungkapkan kekesalannya atas peredaran konten negatif yang semakin tak terkendali. Apalagi akhir-akhir ini banyak ujaran kebencian dan berita bohong yang bersliweran di media sosial dan media perpesanan.

“Saya berharap sebenarnya yang mengisi konten di media sosial harus sertifikasi dulu. Setelah lulus sertifikasi baru boleh main media sosial. Baru aman negara ini,” kata Menkominfo Rudiantara yang akrab disapa Chief RA saat memberi sambutan di acara Media Festival 2017 di Graha Soloraya, Kamis (23/11).

Sertifikasi tersebut, terangnya, bukan ditujukan untuk membungkam kebebasan publik. Ia sadar publik masih dibayang-bayangi trauma dengan kontrol ketat yang dilakukan pemerintah orde baru terhadap masyarakat khususnya mahasiswa dan media massa.

“Mungkin saya hanya celoteh. Tapi kalau didalami mungkin memang itu yang kita butuhkan,’ tegasnya.

Hal itu dirasa kian penting mengingat adanya event-event politik yang akan digelar bangsa ini dalam dua tahun ke depan. Dunia maya dipastikan bakal dibanjiri berita-berita bohong, hasutan, ujaran kebencian, dan adu domba.

“Tahun depan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat akan pemilihan gubernur serentak. Saya berharap kita bersama-sama mengatasi potensi perpecahan,” kata dia

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge