0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Komentar Ketua TP4D Soal Realisasi Dana Desa Tahap 1

Ketua TP4D dan juga Kasie Intel Kejari Wonogiri, Triyanto (timlo.net/tarmuji)

onogiri — Dinilai berpotensi besar dapat menimbulkan kerugian negara, tim TP4D Wonogiri getol melakukan pengecekan pekerjaan fisik realisasi dana desa tahap pertama. Hal itu dilakukan menyusul hasil monitoring realisasi dana desa oleh Pemerintah Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Oktober lalu, dimana ditemukan sejumlah kesalahan.

“Berdasar monitoring hasil pekerjaan sejumlah kegiatan fisik di desa tersebut tak sesuai spesifikasi.Makanya kami ingin mengetahui hasil pekerjaan fisik di desa lain dan hasilnya ternyata tak jauh berbeda,” ungkap Ketua TP4D, Triyanto, Kamis (23/11).

Menurut dia, hasil pekerjaan di desa yang telah dicek banyak yang tak sesuai RAB dan gambar. Temuan tersebut harus menjadi perhatian setiap pemerintah desa, agar realisasi dana desa tahap II dan tahun-tahun berikutnya tidak menyalahi aturan. Namun sayang dia enggan menyebutkan nama-nama desa yang menyalahi aturan tersebut.

“Jangan sampai ada potensi yang menyebabkan kerugian negara. Kami tidak ingin, pembangunan desa jadi terhambat,” sebutnya.

Triyanto mengimbau agar kepala desa aktif dan rajin mengecek pekerjaan untuk memastikan hasil pekerjaan sesuai dengan spesifikasi. Jika ada yang kurang sesuai, maka kades dapat mengarahkan agar pekerjaan dibenahi.

“Langkah itu penting supaya hasil pekerjaan berkualitas, sehingga manfaatnya dapat dirasakan warga,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge