0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Siswa Sekolah Kagum Melihat Kekuatan TNI AU

Para siswa sekolah menyaksikan alutsista tempur udara dan pesawat angkut milik TNI AU di Apron Bandara Adi Soemarmo, Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Fajar (6) nampak bersemangat saat memasuki Apron Bandara Adi Soemarmo, Solo, Kamis (23/11) siang. Siswa TK ini nampak tak sabar untuk segera mendekati pesawat tempur F16 yang terparkir di bandara tersebut.

“Ayo,cepat…cepat…,” kata Fajar bersemangat sejak memasuki pintu masuk bandara.

Semangat yang ditunjukan Fajar, membuat teman-temannya tak ingin ketinggalan. Dengan riang, teman-temannya yang lain berlarian untuk segera menyaksikan pesawat tersebut.

“Besar banget ya pesawatnya,” kata salah seorang bocah.

Selain sejumlah siswa TK, juga terdapat siswa lain setingkat SD, SMP hingga SMA. Tercatat, ratusan siswa diundang khusus oleh Lanud Adi Soemarmo Solo untuk menyaksikan tiga pesawat F16 dan sebuah pesawat Hercules tipe C-130 B yang terparkir rapi tersebut.

Kepala Seksi Pembinaan Potensi Dirgantara (Kasi Binpotdirga), Mayor Lek Dartono mengatakan, para siswa sengaja diundang untuk menyaksikan pesawat tersebut.

“Kedatangan pesawat tempur dan angkut berat secara bersamaan ini jarang terjadi, maka event yang bagus  ini sengaja kami gunakan untuk mengundang anak-anak dari beberapa sekolah,” terang Kasi Binpotdirga mewakili Kepala Dinas Operasi Lanud Adi Soemarmo.

Pihaknya berharap, dengan melihat pesawat tempur F-16 dan angkut berat C-130 B  Hercules  dari dekat inipara siswa nantinya mencintai dunia kedirgantaraan atau olah raga dirgantara sejak usia dini. Sekaligus juga mencintai TNI AU yang selanjutnya setelah besar mau menjadi anggota TNI Angkatan Udara.

“Kegiatan ini juga untuk memantik semangat siswa agar mencintai dunia kedirgantaraan. Dengan menumbuhkan antusiasme tersebut, bukan tidak mungkin mereka bakal menjadi penerus kami (anggota TNI AU) dikemudian hari,” jelasnya.

Kedatangan beberapa pesawat  tempur F-16 yang round di Bandara Lama Adi Soemarmo adalah dalam rangka  Bido jelajah terbang ke wilayah Koopsau I dan II, yang meliputi Pekan Baru – Tarakan – Adi Soemarmo – Padang dan kembali ke Pekan Baru. Program latihan  profisiensi terbang jelajah ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan penerbang dalam melaksanakan penerbangan navigasi jarak jauh.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge