0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencurian Genset PT Waskita Dilatarbelakangi Rasa Sakit Hati

(Gelar barang bukti kasus pencurian genset di Mapolres Karanganyar. (Foto:Raymond))

Karanganyar – Otak pencurian genset PT Waskita Karya, Sunardi (37) nekat mencuri aset perusahaan bekas tempatnya bekerja itu karena sakit hati. Pria asal Dukuh Simo Kidul Rt 01/Rw I Desa Kebak, Kebakkramat, ini tidak terima dipecat.

“Dia dulunya bekerja sebagai penjaga malam pintu tol Soker. Tapi diberhentikan. Ngakunya, ia tidak mendapat alasan logis kenapa dipecat. Lalu merencanakan pencurian itu,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto kepada wartawan dalam gelar barang bukti kasus pencurian tersebut di Mapolres, Rabu (22/11).

Aksi pencurian pada Jumat (27/10) dini hari itu telah dirancang matang sebelumnya. Ia tahu di lokasi terdapat penjaga yang mengawasi aset-aset PT Waskita Karya yang berada di sebelah selatan tol Solo-Mantingan STA 22 Kebak, Kebakkramat, sehingga mengajak sembilan orang. Ia juga menyewa mobil pikap AD 1748 NT untuk mengangkut genset itu.

“Genset itu untuk menyalakan mesin bor. Di jalan tol itu kan masih banyak pekerjaan, jadi genset di sana saat sewaktu-waktu dibutuhkan. Sebenarnya ada penjaga, namun ia ketakutan saat komplotan itu datang dan mengancam. Usai penjaganya kabur, genset itu dinaikkan ke pikap lalu mereka lari ke arah selatan,” katanya.

Sunardi dan dua tersangka lain ditangkap di rumah masing-masing pada Jumat (10/11). Sedangkan satu lagi di Masaran, Sragen. Tiga tersangka itu warga Waru, Kebakkramat, Andi Saputra (28); warga Kemiri, Kebakkramat, Angga Aditya (28); dan warga Sidodadi, Masaran, Sragen, Irfan Susanto (33). Enam lainnya kini buron.

Akibat perbuatannya, PT Waskita Karya merugi Rp 24 juta. Barang bukti berupa sebuah pikap, satu genset dan sebuah sepeda motor Yamaha Mio AD 1748 NT. Para tersangka dijerat pasal 363 ayat (4) KUHP dengan ancaman penjara tujuh tahun.

“Engga tahu kesalahannya apa, tiba-tiba diberhentikan. Padahal sudah dua tahun ini saya bekerja di situ,” kata Sunardi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge