0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beberapa Situs Terkenal Dunia Gunakan Keylogger

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.netKeylogger adalah alat yang biasanya digunakan para hacker untuk mencuri data berupa informasi kartu kredit dan password. Keylogger merekam gerakan pengguna saat mengetik di keyboard. Yang mengejutkan menurut para peneliti dari Princeton’s Center for Information Technology Policy, beberapa situs paling populer di dunia menggunakan alat ini.

Keylogger itu disebut juga sebagai skrip “session replay”. Awalnya kode ini tidak diciptakan untuk maksud jahat. Tapi digunakan perusahaan untuk memperoleh pemahaman siapa yang mengunjungi situs mereka, bagaimana pengunjung menggunakan situs mereka dan lain-lain.

Akan tetapi data yang dikumpulkan dan direkam cukup mengejutkan. Para peneliti menemukan jika beberapa situs merekam gerakan keyboard pengunjung situs, tulis Ubergizmo. Hal ini termasuk saat pengguna mengisi form dan memutuskan tidak mengirimnya. Informasi yang ditulis pengguna dalam form itu akan tetap terekam.

“Koleksi konten halaman oleh skrip replay pihak ketiga bisa menyebabkan data sensitif seperti kondisi medis, detil kartu kredit, dan informasi pribadi lainnya tampil dalam sebuah halaman untuk dibocorkan kepada pihak ketiga sebagai bagian dari rekaman,” tulis para peneliti.

Para peneliti memang benar karena seaman apapun sistem yang dimiliki sebuah situs, hanya diperlukan sebuah kesalahan manusia atau sebuah bug untuk membobol sistem itu. Daftar lengkap situs yang menggunakan keylogger ini dicantumkan oleh para peneliti. Saat Timlo.net melihat daftar itu, salah satu situs Indonesia juga masuk di dalamnya yaitu Tokopedia. Selain itu situs seperti microsoft.com, adobe.com, wordpress.com, samsung.com, asus.com juga masuk ke dalam daftar. Beberapa situs berita internasional juga masuk di dalam daftar. Untuk melihat daftar lengkap situs paling populer di dunia yang menggunakan keylogger, klik di sini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge