0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Ribu Rumah di Wonogiri Belum Dialiri Listrik

Petugas PLN memperbaiki trafo listrik (dok.timlo.net/achmad khalik)

Wonogiri – Puluhan ribu keluarga di Wonogiri hingga saat ini belum berlistrik. Jika dibandingkan dengan kabupaten lain, Wonogiri menduduki posisi tertinggi. Selain itu,rata- rata keluarga yang belum berlistrik merupakan keluarga kurang mampu.

“Jumlah penduduk Wonogiri yang belum berlistrik berkisar 32.727 keluarga. Adapun jumlah total penduduk kabupaten tersebut mencapai 269.845 keluarga,” terang Kepala BP3 wilayah Sewu Lawu Dinas ESDM Propinsi Jateng, Suhardi, Rabu(22/11).

Menurutnya, keluarga Wonogiri belum menikmati ketersambungan listrik itu karena berbagai alasan. Selain masalah ekonomi atau keluarga kurang mampu, wilayah yang belum teraliri listrik karena belum adanya jaringan listrik.

Jika dibandingkan kabupaten tetangga, kata Suhardi Wonogiri menduduki posisi tertinggi dalam hal listrik. Dia mencontohkan, Kabupaten Karanganyar dengan jumlah KK 225.347 yang belum berlistrik 2.835 KK, Kabupaten Sukoharjo jumlah KK 229.494 namun semua sudah berlistrik, kemudian Kabupaten Sragen dengan jumlah KK 252.712, yang belum berlistrik ada 3.566 KK.

“Memang banyak yang sudah ngganthol (menyambung-red) dari rumah tetangga dan sanak saudaranya,tapi banyak juga belum sama sekali menikmati listrik. Makanya kami berupaya agar listrik dapat dinikmati semua warga,” katanya.

Dia menambahkan, di 2018 mendatang, khusus untuk warga Wonogiri ada program sambungan listrik gratis. Namun program itu hanya untuk warga miskin atau kurang mampu sebanyak 250 KK. Bantuan tersebut merupakan alokasi dari APBD Pemprov Jateng.

Menurut dia,pihaknya pun akan berkoordinasi dengan PLN untuk membangun jaringan listrik di daerah yang belum sama sekali menikmati aliran listrik.

“Kita juga mengupayakan melalui terobosan baru,yakni menggandeng BUMN,BUMD ,dan perusahaan di Wonogiri untuk berpartisipasi melalui program corporate social responsibility (CSR),” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge