0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidak di Toko Modern, Petugas Temukan Makanan Kadaluwarsa

Tim Terpadu temukan makanan kadaluwarsa di sejumlah toko modern di Boyolali (foto: Nanin)

Boyolali – Tim terpadu Pemkab Boyolali mengelar operasi makanan di pasar dan sejumlah toko modern. Hasilnya, tim menemukan makanan kadaluwarsa masih terpajang di etalase penjualan. Sidak dilakukan dalam rangka mengawasi penjualan makanan menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Makanan yang kadaluwarsa kebanyakan susu kemasan dan mie instan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan pangan (DKP) Boyolali, Hindrato Hudi, Rabu (22/11).

Selain kadaluwarsa, pihaknya juga menemukan makanan yang hampir mendekati kadaluwarsa. Pihaknya juga menemukan produk yang dijual tanpa izin yang lengkap. Seperti misalnya produk beras, izinnya hanya dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Padahal seperti beras, harus ada izin dari Kementerian Pertanian melalui Otoritas kompeten keamanan pangan daerah,” jelas Hindrato.

Untuk saat ini, menurut Hindrato, makanan yang kadaluwarsa tidak dilakukan penyitaan. Tim hanya mengambil sampel makanan tersebut dan melakukan pembinanaan terhadap pemilik toko atau karyawannya.

“Kita peringatkan, kalau sampai terulang lagi, baru kita lakukan penyitaan,” imbuhnya.

Tim terpadu sendiri terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas kesehatan, Dinas Perdangan dan perindustrian, Satpol PP, dan Polres Boyolali. Operasi makanan akan digelar hingga 4 Desember.

“Kita himbau ke masyarakat untuk teliti melihat masa kadaluwarsa, meski belanja di toko modern,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge