0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilik Anjing Miliki Resiko Kematian yang Lebih Kecil

Anjing memakai rompi cerdas. (dok: timlo.net/ ubergizmo.)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru dari Swedia menyatakan jika kepemilikan anjing dihubungkan dengan resiko kematian karena penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Penelitian itu diterbitkan minggu lalu di jurnal Scientific Reports.

Hasil positif itu lebih terasa untuk pemilik anjing yang lajang. Untuk orang-orang ini, memiliki anjing dihubungkan dengan pengurangan kematian karena segala penyebab hingga 33 persen. Sementara pemilik anjing yang sudah berkeluarga mengalami penurunan resiko hingga 11 persen. Kematian karena serangan jantung juga berkurang 36 persen untuk pemilik anjing lajang. Untuk pemilik yang sudah bekeluarga, resiko berkurang hingga 15 persen.

“Sebuah penemuan yang sangat menarik dalam penelitian kami adalah kepemilikan anjing sangat menonjol sebagai faktor perlindungan untuk orang-orang yang tinggal sendirian,” kata pemimpin penelitian Tove Fall dilansir dari news.com.au.

“Kelompok ini sebelumnya dianggap memiliki resiko lebih tinggi mengalami kematian dan penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang berkeluarga. Mungkin anjing bisa dianggap sebagai anggota keluarga yang penting dalam kehidupan para lajang,” tambahnya.

Orang-orang yang tinggal sendirian sebelumnya dianggap memiliki resiko kematian karena kardiovaskular yang lebih tinggi. Penelitian itu dilakukan terhadap lebih dari 3,4 juta warga Swedia berusia 40 hingga 80 tahun.

Beberapa manfaat memiliki anjing karena aktivitas fisik yang naik dan interaksi sosial yang dimiliki seseorang saat membawa anjingnya jalan-jalan. “Kami tahu jika para pemilik anjing secara umum memiliki tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi, yang bisa menjadi salah satu penjelasan dari hasil penelitian. Penjelasan lain termasuk peningkatan kesejahteraan dan kontak sosial,” kata Tove.

Orang-orang yang memiliki anjing juga terpapar mikroba lebih sering. Penelitian sebelumnya menyatakan jika anak yang tumbuh bersama seekor anjing memiliki resiko menderita penyakit yang lebih kecil terutama asma dan alergi. Para pemilik anjing pemburu seperti terrier, retriever dan sejenisnya yang paling terlindungi dari penyakit kardiovaskular dan kematian.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge