0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UPTD Bakal Dihapus, Pejabat Dinas Pendidikan Resah

Wonogiri – Tenggang waktu untuk penghapusan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) bidang pendidikan hanya tinggal dua bulan lagi. Meski demikian, sampai saat ini Dinas P dan K Wonogiri belum melakukan tindakan apapun. Bahkan, pihak dinas masih berupaya memperjuangkan keberadaan unit tersebut.

“Kita akan berjuang sampai batas akhir yakni di Januari 2018. Rencana ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017. Dimana dalam Permendagri itu mengatur secara rinci mengenai pembentukan dan pengklasifikasian cabang dinas dan UPTD,” ungkap Kepala Dinas P dan K Wonogiri, Siswanto melalui Sekretaris Dinas P dan K Sriyanto, Rabu (22/11).

Penghapusan UPTD dinilai bakal berdampak terhadap beban kerja dinas dan juga sekolah-sekolah. Mengingat, kondisi geografis Wonogiri yang memiliki 25 kecamatan atau 25 UPTD dengan jarak antar masing-masing berjauhan menjadi kendala tersendiri. Sedangkan, di Wonogiri ada sekitar 800 SD dan 140 SMP .

“Koordinasi jadi jauh, biasanya selesai di UPTD kalau dihapus kan harus ke dinas.Dalam tugasnya,unit ini bekerja sangat strategis.Bayangkan,kalau soal sertifikasi ,akreditasi dan kenaikan pangkat dari bawah dengan penghapusan itu otomatis akan diurusi dan tugasnya berat di dinas nantinya,” bebernya.

Sejauh ini, kata Sriyanto, pihaknya masih berupaya mempertahankan dengan berbagai cara, seperti melalui Bupati bahkan sampai meminta kepada gubernur, namun belum membuahkan hasil.

“Memang kalau dari sisi pengelolaan anggaran itu tidak sebarapa, paling cuma setahun sekali, dan itu bisa dikelola sekolah. Tapi kan SDM sekolah sendiri semakin menyusut, banyak PNS yang pensiun,” paparnya.

Selama ini, UPTD sangat membantu sebagai kepanjangan tangan dinas. Pihaknya juga menyebut jika UPTD dihapus, ada ratusan pegawai setingkat eselon bakal tidak memiliki jabatan alias nonjob.

“Itu yang kita khawatirkan,akan timbul masalah di kemudian hari,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge