0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Calon Independen Ikuti Bimtek Pengenalan Silon Pilkada

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Dua dari lima bakal calon perseorangan dalam Pilgub Jateng 2018, ikut dalam bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan untuk pengenalan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pilkada.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng), Ikhwanuddin mengatakan kedua calon tersebut selalu update perkembangan mengenai persyaratan pencalonan gubernur perseorangan.

“Sebetulnya ada lima yang mencari info soal calon perseorangan, tapi hanya dua yang datang saat diundang bimtek. Mereka atas nama Mundi dan Harjono, sepertinya serius mengumpulkan dukungan juga,” jelasnya, Rabu (12/11).

Dikatakan, pendaftaran calon perseorangan Pilgub Jateng 2018 mulai dibuka 22 hingga 26 November 2017.

“Calon yang mendaftar harus memenuhi syarat dukungan minimal 1.781.606 yang dilampiri KTP dalam bentuk hardcopy dan softcopy sebanyak tiga berkas,” paparnya.

Jumlah dukungan tersebut adalah 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pelaksanaan pemilihan umum terakhir sebanyak 27.490.316.

“Jumlah dukungan tersebut harus tersebar, setidaknya di 50 persen kabupaten atau kota. Kalau di Jateng ya minimal di 18 daerah,” ucapnya.

Setelah syarat terpenuhi, KPU akan melakukan penghitungan dan verifikasi administrasi.

Ikhwanuddin mengatakan, jika saat verifikasi ada kekurangan dukungan maka bakal calon diperbolehkan melakukan perbaikan.

“Itu bisa diperbaiki selama masa pendaftaran. Jika mendaftar pada hari terakhir maka ya tidak bisa diperbaiki atau mengusulkan persyaratan,” tegasnya.

Pelanggaran yang biasa terjadi adalah kesesuaian antara formulir dengan NIK dan analisa kegandaan dukungan. Lebih lanjut, selama pelaksanaan Pilgub langsung di Jawa Tengah belum pernah ada calon perseorangan yang mendaftarkan diri.

“Pada 2008 dan 2013 kan semua calon diajukan partai. Nanti kita lihat untuk 2018 ini, apakah calon perseorangan akan muncul,” kata Ikhwanuddin.

[ded]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge