0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jual Kamera Sewaan, Pria Ini Ditangkap

Pelaku aksi tipu-tipu dengan modus pinjam kamera tapi dijual lewat online (foto: Achmad Khalik)

Solo – Berpura-pura menyewa sebuah kamera SLR, Adhe Pritiawan Saputro alias Adhe (24) justru nekat menjualnya ke jejaring media sosial. Tak hanya sekali, aksi tipu-tipu yang dilakukan oleh warga Cinderejo Lor RT03/ RW05 Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo ini telah dilakukan hingga empat kali di sejumlah kota berbeda.

“Pelaku ini awalnya meminjam kamera di rental. Lalu malah menjualnya melalui jejaring media online,” terang Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi, Rabu (22/11) siang.

Peristiwa ini bermula saat pelaku meminjam sebuah kamera SLR jenis Canon 1100D di rental Yi-Rent Studio yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar, Kampung Guwosari, Jebres, Solo pada 4 September lalu. Lalu, kamera SLR hasil pinjam rental itu difoto berikut kardus pembungkus kamera.

Setelah itu, kamera yang telah difoto itu diupload ke jejaring media Facebook untuk diperjualbelikan seharga Rp 1,2 juta. Untuk menguatkan bahwa kamera itu miliknya sendiri, pelaku juga mengupload kardus pembungkus untuk menaikkan harga tawar. Tak menunggu lama, kamera itupun laku terjual.

“Pelaku menggunakan akun palsu untuk menawarkan kamera hasil peminjaman rental itu kepada pembeli,” jelas Kasat.

Hingga akhirnya, waktu pengembalian tiba. Dengan santai, pelaku membawa kardus tempat kamera dan sebuah surat dari kepolisian terkait kehilangan kamera. Pelaku lalu menyerahkan barang tersebut ke pihak Yi-Rent.

Akan tetapi, pihak rental meminta pertanggungjawaban dari pelaku yang dinilai telah teledor menghilangkan barang yang dipinjam.

“Pemilik rental tidak tahu, kalau kamera kepunyaannya dijual pelaku. Rental memberi waktu pelaku dua bulan untuk dapat mengembalikan kamera tersebut. tapi hingga waktu yang ditentukan, pelaku tidak bisa mengembalikan dan korban melapor ke Polisi,” ungkap Kasat.

Mendapat laporan tersebut, lanjut Kasat, pihaknya melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan tersebut terungkap, jika pelaku tak hanya menjalankan aksinya di Solo saja. Melainkan juga menjalankan aksinya di Yogyakarta, Pacitan dan Sukoharjo.

“Ternyata, saat didalami pelaku ini juga sering melakukan modus yang sama. Bahkan, terhitung sudah empat kali,” kata Kasat.

Selain membekuk pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya kardus kamera SLR Canon 1100D, nota peminjaman, surat kehilangan dari pihak kepolisian, buku tabungan dan KTP.

Akibat perbuatannya, pelaku jerat dengan Pasal 378 tentang penipuan dan Pasal 372 tentang penggelapan dengan hukuman maksimal lima tahun penjara.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge