0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga di Kawasan Rawan Bencana Mulai Turun Gunung

Gunung Agung (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Aktivitas Gunung Agung membuat ratusan warga yang menempati kawasan rawan bencana turun gunung mencari daerah aman. Gunung Agung meletus pada Selasa sore kira-kira pukul 17.05 WITA.

Desa Buana Giri, Bebandem mendadak gelap, warga beramai-ramai menuju lokasi pengungsian terdekat. Sebelumnya mereka sempat menyaksikan kepulan asap tebal membumbung tinggi.

Petugas pantau Gunung Agung di Rendang menyebutkan fenomena asap di puncak Gunung Agung adalah letusan freatik yaitu letusan yang dipicu oleh air yang bertemu dengan magma.

“Keluarnya asap tebal dipicu oleh tingginya volume air akibat hujan deras. Itu disebut letusan freatik yang ditandai adanya asap tebal akibat pertemuan air dengan magma,” tuturnya.

Ditambahkan Kasubid Vulkanologi dan Mitigasi PVMBG Kementrian ESDM, Devy Kamil Syahbana, diimbau masyarakat tetap tenang dan mengikuti rekomendasi PVMBG terkait situasi gunung Agung saat ini.

“Agar warga kosongkan area di dalam radius 6 km dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan- Baratdaya sejauh 7.5 km,” katanya dalam surat imbauan.

Jika erupsi terjadi, maka potensi bahaya lain yang dapat terjadi adalah terjadinya hujan abu lebat yang melanda seluruh zona perkiraan bahaya. Hujan abu lebat dapat meluas dampaknya ke luar zona perkiraan bahaya bergantung pada arah dan kecepatan angin.

“Pada saat rekomendasi ini diturunkan, angin bertiup dominan ke arah Selatan-Tenggara. Oleh karena itu, diharapkan agar hal ini dapat diantisipasi sejak dini terutama dalam menentukan lokasi pengungsian,” tegas dia

Mengingat adanya potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan akut (ISPA) pada manusia maka diharapkan seluruh masyarakat, utamanya yang bermukim di sekitar Gunung Agung maupun di Pulau Bali, segera menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun pelindung mata sebagai upaya antisipasi potensi bahaya abu vulkanik.

[lia]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge