0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

200 Homestay di Wisata Gunung Kemukus Tak Berijin

Kades Pendem Herdiyana (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Wisata Gunung Kemukus yang terletak di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen memang harus dibenahi. Salah satunya adalah terdapatnya homestay atau rumah singgah ilegal yang jumlahnya mencapai ratusan.

”Ada sekitar 200 homestay, semuanya belum berijin, masih mungkin dikeluarkan ijin jika sudah ditata. Kami sudah mengarahkan pada pemilik homestay, namun semua tergantung pendanaan,” kata Kepala Desa Pendem, Herdiyana belum lama ini.

Herdiyana mengakui, memang saat ini tidak ada homestay yang layak di sekitar Gunung Kemukus. Pihaknya berharap ada alokasi dana untuk pemilik homestay agar bisa muncul Homestay di kawasan Kemukus yang layak dengan fasilitas yang baik.

Dia menjelaskan, dari 200 homestay di sekitar Gunung Kemukus, 10 persen diantaranya berada di kawasan sabuk hijau, sehingga perlu ditertibkan. Sedangkan 63 diantaranya memiliki fasilitas karaoke yang kesemuanya tidak memiliki ijin.

Selain itu, dari homestay yang ada, hanya 50 persen yang dikelola oleh warga lokal, sisanya dari luar kawasan kemukus.

Pengelola Wisata Gunung Kemukus, Suparno menambahkan, sejumlah homestay dinilai tidak layak. Seperti belum adanya kamar mandi dalam serta masih terbuat dari sekat kayu dan bambu. Terkait adanya homestay yang dijadikan tempat esek-esek, Suparno mengaku tidak mengetahui.

“Soal digunakan untuk kegiatan negatif kami belum mengetahui karena tidak mengawasi satu persatu,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge