0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemekaran Kelurahan, Masyarakat Dilibatkan

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru gembul)

Solo — Pemerintah Kota Solo berjanji melibatkan masyarakat dalam pembentukan kelurahan baru sebagai dampak pemekaran wilayah. Walikota menilai hal ini penting untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap kelurahan yang baru tersebut.

“Kalau masyarakat punya usulan nama kelurahan yang baru silakan diusulkan,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudaytmo saat berbincang dengan wartawan, Selasa (21/11).

Tak sebatas itu saja, Rudy bahkan membuka kesempatan bagi warga untuk berpartisipasi dalam menentukan lokasi kantor kelurahan hingga jalannya pemerintahan. Dengan demikian, roda pemerintahan di wilayah diharapkan dapat berjalan efektif karena didukung oleh warga.

“Yang ada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat,” kata dia.

Sementara teknis pemekaran, menurut Rudy bukan perkara yang perlu dipikir njelimet. Apalagi, teknsi pemekaran sendiri sudah diatur cukup jelas dalam berbagai regulasi. Salah satunya dalam UU No 75 tahun 2005.

Rudy berharap proses pemekaran berlangsung cepat. Saat ini usulan pemekaran pada prinsipnya sudah mendapat lampu hijau dari kalangan legislatif. Namun detil pelaksanaannya masih dibahas di Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo.

“Ya nunggu sana (DPRD) dulu. Bagaimana,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge