0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pak Tentara Bantu Petani Tanam Padi 

Babinsa bantu tanam padi di sawah (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Masaran memberikan pengarahan dan ikut bertanam padi varietas IR64 di Dukuh Pandak Kulon RT 02, Desa Krikilan. Dipilihnya IR64 ini paling digemari para petani lantaran rasanya enak dan hemat air.

“IR64 sangat digemari oleh petani dan konsumen karena rasa nasinya enak, umur genjah sampai 125 hari dan hasilnya tinggi, bisa mencapai lima ton per hektar,” kata Babinsa Desa Krikilan Serda Suwardi, Selasa (21/11).

Penanaman padi sendiri dilakukan di sawah milik Slamet, di Dukuh Pandak Kulon RT 02 Desa Krikilan dengan luas 3000 meter persegi, jenis varietas IR64. Varietas 64 merupakan salah satu varietas padi sawah yang hemat dalam mengkonsumsi air.

Suwardi mengatakan, pada program ketahanan pangan, Babinsa melakukan tugas pendampingan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan.

Selain itu varietas 64 dipilih sebagai tetua persilangan karena merupakan varietas padi unggul nasional dan memiliki karakter  yang banyak disukai petani. Namun padi ini memiliki kekurangan karena tidak dapat tumbuh dengan baik jika ditanam pada lahan sawah irigasi dataran rendah, karena mengandung konsentrasi logam Fe tinggi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge