0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tuntut Transparasi Nilai Ujian Perdes, Massa Geruduk Balai Desa

Warga geruduk Balai Desa Cabean Kunti, Cepogo, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Di bawah guyuran hujan deras, puluhan massa yang tergabung dalam Komunitas Remaja Muslim Peduli Umat (KRMPU) menggelar aksi unjuk rasa di halaman Balai Desa Cabean Kunti, Cepogo, Boyolali, Selasa (21/11). Massa menuntut adanya transparansi nilai ujian seleksi perangkat desa (Perdes).

“Nilai ujian perangkat desa bagi kami sangat janggal, terutama untuk nilai Agama dan Pancasila,” kata Korlap Aksi, Muhammad Ihsan.

Pasalnya, dalam seleksi ujian tertulis perangkat Desa Cabean Kunti, dari empat peserta ujian, dari nilai tertinggi untuk materi agama 100, tiga peserta hanya mendapat nilai 22, 23, dan 25 dan hanya satu peserta yang mendapat nilai yang masuk standar kelulusan, yakni nilai 60. Begitupun di materi Pancasila, tiga peserta hanya mendapat nilai 20, 14, dan 19.

“Apakah peserta sedemikian bodoh untuk materi agama, nilainya cuman segitu,” imbuhnya.

Massa juga mengkritik penentuan penetapan pemilihan perangkat desa yang tidak lazim. Dimana, keputusan menjadi perangkat desa tidak hanya harus lulus, namun jga mendapatkan rekomendasi.

“Mestinya kan diambil nilai tertinggi,menggunakan metode rangking,” tambahnya.

Di sisi lain, Camat Cepogo, Agus Darmawan, menjelaskan, bila menuntut membuka hasil lembar jawaban, harus sesuai mekanisme yang ada. Dimana, peserta bisa mengajukan surat permohonan ke Bupati. Permohonan tersebut menjadi keharusan menyusul hasil lembar jawaban adalah dokumen negara.

“Ajukan surat permohonan ke Bupati, tapi harus peserta sendiri tidak boleh diwakilkan,” tambahnya.

Untuk wilayah Cepogo, sejauh ini belum ada surat keberatan dari peserta yang diajukan. Sementara itu aksi demo massa mendapat pengawalan ketat dari Polres Boyolali. Usai orasi, massa langsung membubarkan diri di bawah guyuran hujan deras.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge