0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngudi Kawruh, Perpustakaan Desa untuk Pengembangan Komunitas

Perpustakaan Ngudi Kawruh, Desa Nglinggi, Klaten (dok.timlo.net/awijaya)
Klaten — Ngudi Kawruh merupakan perpustakaan desa yang berada di kompleks Kantor Desa Nglinggi, Kebonarum, Klaten. Baru-baru ini, Perpustakaan Ngudi Kawruh menerima bantuan buku dari Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan (Dinaspersip) Provinsi Jawa Tengah.
“Senang Mas. Ada tambahan dua rak buku dan 1000 judul buku baru saat Deklarasi Desa Damai Nglinggi awal November kemarin,” kata Liza Yuvita Sikku, pengelola Perpustakaan Ngudi Kawruh, Selasa (21/11).
Menurut perempuan yang pernah mengenyam kuliah broadcasting ini, Perpustakaan Ngudi Kawruh telah berdiri sejak tahun 2014. Namun keberadaannya hanya menjadi pelengkap dan diletakkan di aula Kantor Desa Nglinggi.
“Kondisinya mati suri. Lalu sekitar bulan Juni ini baru mulai menggeliat setelah ada bantuan tiga unit komputer. Sehingga dibuatkan dua ruangan di bagian belakang (kantor desa), termasuk digunakan sebagai ruang komputer. Apalagi di sini juga ada fasilitas wifi gratis dan koleksinya sekarang bertambah menjadi 1.700 judul buku,” ujar Liza.
Dari fasilitas tersebut, lanjut dia, siapa saja boleh datang, membaca, meminjam buku, dan menggunakan komputer yang tersambung internet. Hal itu menarik anak-anak SD hingga ibu-ibu rumah tangga untuk belajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Disamping itu, para karang taruna setempat yang memiliki hobi fotografi juga membentuk komunitas Jepret.  Mereka mengelola website desa dan berkeinginan untuk membuat film pendek hingga video tutorial melalui channel Youtube. Sehingga semakin mengenalkan Desa Nglinggi.
“Tiap hari sekarang kantor desa semakin ramai dan hidup. Rencananya tahun depan kita juga mau membuat parodi review novel. Otomatis anak- anak yang memainkan peran pasti harus merampungkan bacaannya. Sehingga aktivitas karang taruna bisa hidup dan menekan laju urbanisasi,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge