0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil Keluaran 2005 Beresiko Dihack Para Teroris

Mobil dihack. (dok: timlo.net/dailystar.co.uk)

Timlo.net—Mobil keluaran 2005 ke atas dikatakan rawan dikendalikan dari jarak jauh. Bahkan mobil yang berusia 17 tahun ke atas juga bisa terkena masalah yang sama. Dan yang lebih menakutkan, beberapa mobil mungkin sudah menjadi target serangan teroris yang membobol sistem mereka.

Justin Cappos, seorang ilmuwan komputer Amerika Serikat (AS) di New York University berkata jika serangan cyber bisa dilakukan dengan menghack mobil. Serangan semacam ini bisa menimbulkan kecelakaan yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

Mobil-mobil yang bisa dihack adalah mobil yang bisa mengakses WiFi. Sebagian besar mobil keluaran 2005 ke atas memiliki fitur itu. “Banyak musuh kita memiliki kekuatan nuklir tapi negara manapun dengan kemampuan melakukan serangan cyber bisa membunuh jutaan warga sipil dengan menghack mobil. Hal ini menakutkan,” ujar Justin kepada The Times.

“Mereka bisa mengirim pesan ke bagian rem dan mematikan kendali stir mobil dan mengunci orang di dalam mobil,” tambahnya.

Pemerintah didesak untuk menciptakan hukum yang akan memaksa para produsen mobil untuk terus menyediakan update software untuk mobil yang mereka produksi. Pada 2015, para ahli komputer memperagakan bagaimana mereka mengambil alih kontrol mobil Jeep Cherokee dari jauh. Para ahli itu mengambil alih kendali rem, stir mobil dan gigi. Para peneliti ingin menunjukkan jika hal ini mudah dilakukan.

Carsten Maple, seorang profesor cyber engineering di the University of Warwick menambahkan: “Kita sudah melihat kendaraan digunakan sebagai senjata. Para peneliti keamanan cyber harus memastikan sistem dibuat untuk mencegah serangan-serangan baru.” Akan tetapi the Society of Motor Manufacturers and Traders berkata mobil baru sudah diberikan update software secara berkala untuk mencegah serangan hacker.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge