0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggota Polres Sragen Wajib Ikuti Pelatihan Safety Riding

Pelatihan safety riding bagi anggota kepolsian di Polres Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Polres Sragen terus menggiatkan kegiatan safety riding bagi personel polisi dari semua satuan, baik yang bertugas di Polres ataupun di Polsek. Kegiatan ini menjadi kewajiban lantaran tidak semua anggota cakap berkendara.

“Polisi itu juga manusia, maka perlu juga pelatihan dan tehnis berkendara,” kata Kasat Lantas Polres Sragen AKP Erna Dwi Rustanti, belum lama ini.

Kepada Timlo.net, AKP Erna menyampaikan, pihaknya bakal melakukan pelatihan safety riding secara kontinyu kepada anggota, bahkan bagi yang bertugas di Satlantas sekalipun tetap diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut. Setiap satuan digilir untuk melakukan pelatihan, kecuali bagi personel yang hari itu sedang ada tugas. Namun mereka tetap diminta ikut pada hari berikutnya.

“Semua personel kita uji tekhnik mengemudi, mudah-mudahan mereka bisa mengendalikan kendaraannya. Bukan kita yang dikendalikan oleh kendaraan,” terangnya.

Sementara Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menyatakan, safety riding itu merupakan program untuk melatih ketangkasan anggota dalam berkendara. Tujuannya, di samping untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas juga merefresh kembali kemampuan anggota untuk mengendarai sepeda motor.

Dalam pelatihan safety riding itu pihaknya mengutamakan cara atau tehnis berkendara yang benar. Seperti cara pengereman dan pembelokan yang benar. Hal ini bagi anggota polisi yang melaksanakan tugas pengawalan.

“Cara pengereman dan pembelokan itu kan penting dalam melaksanakan tugas, misalnya dalam tugas pengawalan. Dari Polsek-Polsek itu kan juga perlu untuk dilatih sebagai pembelajaran,” papar AKBP Arif Budiman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge