0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KIMKAS Resmikan Omah Mebel dan Kerajinan

Launching Omah Mebel dan Kerajinan ()

Solo — Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Soloraya (KIMKAS) meresmikan Omah Mebel dan Kerajinan barunya yang berlokasi di gedung Bakorwil II, Jawa Tengah, Solo, Senin (20/11). Melalui omah mebel itu diharapkan dapat mendongkrak produktivitas para pelaku usaha mebel dan kerajinan di wilayah Soloraya.

“Seperti yang kita tahu bahwa ekspor mebel kita sejak 2015 terus mengalami penurunan akibat pasar global yang lesu. Oleh karena itu, untuk menggenjot nilai ekspor itu berbagai upaya terus dilakukan pemerintah, baik melalui pemberian fasilitas pemasaran secara online dan offline,” ujar Direktorat Jenderal (Dirjen) Indusri Kecil dan Menengah (IKM) Kementrian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih di sela acara launching Omah Mebel dan Kerajinan KIMKAS kepada wartawan.

Untuk pemasaran secara online, ia menyampaikan, pemerintah telah menyediakan program e-smart IKM yang dapat diakses konsumen melalui marketplace. Namun itu saja tidak cukup, secara offline pemerintah juga terus mendorong para pelaku usaha dengan regulasi serta bantuan alat produksi.

“Seperti halnya rumah ini, kita berhasil menggunakannya berkat kerjasama dengan Disperindag Jateng. Karena ruang pameran yang ada di The Park sebelumnya dianggap kurang mencukupi kebutuhan dari pelaku usaha,” jelasnya.

Dengan adanya berbagai dorongan yang dilakukan itu, Gati berharap nilai ekspor produk mebel dan furniture di Jawa Tengah dan Indonesia dapat terus meningkat. Bahkan ditargetkan, pada 2019 nilai ekspor secara keseluruhan bisa mencapai 2,5 miliar US Dollar.

Sementara itu, Ketua Penasihat KIMKAS sekaligus Ketua HIMKI Soloraya Adi Dharma S menyampaikan, Omah Mebel dan Kerajinan yang diresmikan ini akan dikonsep untuk rumah desain dan lebih ke arah proyek. Sedangkan untuk ritel tetap akan difokuskan di The Park Mall.

“Secara fungsi nanti akan kita kolaborasikan jadi satu dengan yang ada di The Park Mall,” tandasnya.

Dari pantauan di lapangan, prosesi peresmian itu terlihat cukup meriah. Karena secara bersamaan turut digelar pameran produk mebel dan kerajinan dan juga pecah kendi yang dilakukan langsung oleh Dirjen IKM Kemenperin.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge