0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tiap Jumat, PNS Sragen ke Kantor Wajib Bersepeda

Menpora Imam Nahrawi didampingi Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat pencanangan Hari Bersepeda Nasional di Sragen, Minggu (19/11). (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Pemkab Sragen mendukung sepenuhnya pencanangan Hari Bersepeda Nasional yang telah dicanagkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Dukungan itu bakal ditindaklanjuti dengan menginstruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bersepeda di kantor pada setiap hari Jumat.

“Nanti secara bertahap kita akan memberi contoh ke masyarakat dan PNS untuk ke kantor dengan sepeda setiap hari Jumat. Semua PNS dari kabupaten sampai ke tingkat desa,” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Usai acara penutupan Gowes Pesona Nusantara 2017 sekaligus pencanangan Hari Bersepeda Nasional di Stadion Taruna Sragen, Minggu (19/11), Bupati Yuni menyatakan kesiapannya dengan menyiapkan regulasi dalam bentuk Pertauran Bupati (Perbup) perihal imbauan sehari bersepeda bagi semua PNS. Perbup tersebut ditargetkan bisa diterbitkan paling cepat awal 2018.

“Yang penting ada goodwill-nya dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi mengatakan, harus ada inisiatif pemerintah daerah untuk menggerakkan jajaran dan masyarakatnya agar gemar bersepeda. Kalau Sragen mengeluarkan kebijakan tersebut, maka akan menjadi kabupaten kedua setelah Surabaya.

“Kota Surabaya adalah kota pertama yang mempunyai kebijakan kepada jajaran PNS-nya untuk bersepeda ke kantor pada hari-hari tertentu,” kata Menpora.

Imam menyampaikan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segera dibentuk regulasi apakah dalam bentuk Instruksi Presiden (Inpres) atau Keputusan Presiden (Keppres) untuk menetapkan tanggal 19 November sebagai Hari Bersepeda Nasional.

“Makanya bersama-sama nanti akan kita usulkan ke Bapak Presiden untuk ditetapkan satu Hari Bersepeda Nasional,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge