0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Fasilitas yang Didapat Setya Novanto dalam Tahanan

Setya Novanto (merdeka.com)

Timlo.net – Tersangka kasus proyek e-KTP, Setya Novanto (Setnov) resmi mendekam selama 20 hari ke depan di rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sel KPK yang terletak di belakang gedung antirasuah tersebut kini jadi tempat istirahat Setya Novanto selama penyidikan kasus korupsi e-KTP.

Kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi menjelaskan, tidak ada perlakuan khusus dalam sel kliennya. Bahkan kata dia, kliennya hanya membawa pakaian secukupnya.

“Sama sekali tidak ada, bahkan pakaian pun dibatas cuma berapa biji,” kata Fredrich Yunadi, Senin (20/11).

Luas sel tahanan yang dihuni Novanto pun berbeda, tergantung jumlah tahanan di dalamnya. Rata-rata, luas sel yang ada di rutan KPK yaitu lima orang tahanan luasnya sekitar 15 x 5 meter per segi. Sedangkan sel tahanan berkapasitas tiga orang luasnya sekitar 10 x 5 meter. Untuk sel isolasi kapasitas satu orang luasnya sekitar 2.5 x 2 meter persegi.

Sel yang dihuni Setya Novanto juga terdiri dari kamar mandi sekaligus toilet tanpa dinding sekat seutuhnya dengan para tahanan yang lain. Ketua DPR ini juga harus rela mandi dan buang hajat terlihat oleh sesama tahanan di satu sel yang sama.

Fredrich mengaku tidak tahu, kliennya berada satu sel dengan siapa saja.

“Mana saya tahu,” ungkap Fredrich.

Sebelumnya, juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, tidak ada perlakuan khusus yang diberikan oleh Novanto. Menurut Febri, perlakuan Setya Novanto di rutan sama dengan seluruh tahanan.

“Karena prinsipnya sama. Namun dari aspek kesehatan juga berlaku sama dengan yang lain. Kalau memang ada keluhan sakit yang membutuhkan tindakan-tindakan lebih lanjut itu akan diperlakukan sama,” kata Febri.

Dalam sel tersebut para tahanan juga mendapat satu boks kontainer berukuran sedang dan satu ember kecil. Lebih lanjut, dia menjelaskan pada setiap sel terdapat interkom yang menempel di dinding samping pintu sel, gunanya sebagai penghubung antara petugas dengan para tahanan. Hal ini dimaksudkan guna menghindari kontak apapun antara petugas dengan tahanan.

KPK juga memfasilitasi rutan tersebut dengan ruang makan sekaligus ruang kumpul bagi para tahanan untuk sekedar bersapa antar sesama tahanan. Ruang makan tersebut dilengkapi dengan televisi dan dispenser air minum.

Setya Novanto dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge