0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sicerdik, Pengenalan Media Elektronik Secara Terarah

Pengenalan media elektronik secara terarah sejak usia dini (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar meluncurkan aplikasi berbasis perangkat IT bernama Sicerdik. Aplikasi yang dapat diakses di komputer maupun gadget bersistem operasi itu untuk membantu peserta didik belajar, mengakses materi, hingga berkonsultasi tentang kesulitannya secara realtime.

“Di Sicerdik, kami memasukkan konten beragam mata pelajaran yang bisa diakses secara online, terutama latihan mengerjakan soal untuk menghadapi ujian,” kata Kabid Tata Kelola Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karanganyar Bambang Sugito kepada wartawan, kemarin.

Seluruh konten dapat diakses secara cuma-cuma. Diskominfo menangani urusan teknologi informasi yang digunakan pada aplikasi itu. Sedangkan Dinas Pendidikan menyediakan konten sesuai kebutuhan pengguna aplikasi.

Meski dibuat oleh Pemkab Karanganyar, namun menurut Bambang, pengguna aplikasi itu tidak dibatasi untuk warga Karanganyar saja dari jenjang TK-SMA. “Siapapun bisa mengakses. Karena tujuan dibuatnya aplikasi ini untuk mencerdaskan anak bangsa, siapapun itu, tidak hanya warga Karanganyar saja,” tuturnya.

Ia menyadari, dibutuhkan kapasitas bandwidth mumpuni untuk mengantisipasi jaringan seret. Sehingga, kapasitas itu akan ditambah dengan memperhitungkan jumlah pengguna secara berkala. Sejauh ini, peluncuran aplikasi sicermat telah disosialisasikan ke sekolah agar guru dan murid merespons cepat. Pengguna dapat mengaksesnya lewat PC maupun gawai nirkabel bersistem operasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge