0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinilai Langgar Kode Etik, Hilman ’Dibebas Tugaskan’

Hilman (kanan) saat bersama Setya Novanto (Setnov) (merdeka.com)

Timlo.net — Hilman Mattauch mengundurkan diri sebagai kontributor Metro TV. Hilman sebelumnya menjadi tersangka dalam kasus kecelakaan mobil ditumpangi tersangka dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto. Keputusan itu diambilnya dalam sidang yang dilakukan pihak Metro TV pada Sabtu (18/11) kemarin.

“Dalam pertemuan persidangan kemudian menyatakan mengundurkan diri,” kata Pemimpin Redaksi Metro TV, Don Bosco Selamun, Minggu (19/11).

Don Bosco mengatakan, sidang itu dihadiri Hilman, HRD, dan tiga manajer Metro TV. Don Bosco mengaku telah membentuk tim guna menyelidiki pelanggaran kode etik jurnalistik dan aturan perusahaan dilakukan Hilman sebelum sidang itu dilakukan.

Dia melanjutkan, dugaan pelanggaran dilakukan saat Hilman menyopiri tersangka dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto memakai kendaraan pribadi. Padahal, sesuai aturan perusahaan narasumber dijemput sopir dengan memakai mobil operasional kantor.

“Dalam persidangan memperlihatkan beberapa hal. Pertama meskipun dia tak mundur pun tetap diberhentikan karena sudah jadi tersangka. Kedua di dalam pertemuan kemarin itu kita menugaskan tim lain mewawancarai dan memintanya mencari Setnov berada, tetapi ia menjalankan tugas di luar tugasnya dengan mengantarkan, menjemput dan memakai mobil pribadi dan itu tidak boleh. Itu haram di dalam jurnalistik,” kata Don Bosco.

Don Bosco mengakui sebelumnya Hilman pernah dipecat Metro TV terkait dugaan pelanggaran kode etik jurnalistik dan aturan perusahaan. Namun dari sepengatahuannya saat itu Hilman kembali ditugaskan dengan meliput wilayah Jakarta Barat.

“Oh kalau kejadian Tahun 2016 itu saya belum masuk Metro TV. Saya kan masuk akhir November 2016, kejadian itu jauh sebelumnya karena saya baca dokumennya pada Juli. Tetapi pada awal November 2016 diangkat lagi. Ketika saya masuk saya bilang sama manajernya, saya tidak mau Hilman bertugas lagi di DPR karena dia bakal konflik kepentingan jadi dia ditugaskan kontributor di Jakarta Barat. Namun karena hubungan antara narsum itu kita tidak larangan makanya ketika kemarin kita butuh bagaimana mencari Setnov termasuk dia salah satu kita minta tolong,” tandasnya.

Hilman sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kelalaian dalam berkendara terkait mobil yang dikendarainya di kawasan Pertama Hijau, Jakarta Selatan. Di dalam mobil Toyota Fortuner B 1732 ZLO, yang disopiri Hilman terdapat Setya Novanto dan ajudannya, AKP Reza.

Mobil itu tengah melaju menuju studio Metro TV karena Setya Novanto disebut akan melakukan wawancara khusus. Namun sebelum sampai lokasi mobil kecelakaan hingga membuat Setya Novanto hingga kini dirawat di RSCM.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge