0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak Sapi Aneh, Diduga Faktor Pembuahan Tidak Sempurna

Anak sapi yang baru lahir,dengan kondisi taklazim hebohkan warga. (foto: Tarmuji)

Wonogiri — Keanehan pada anak sapi milik Sakat (57) warga Dusun Jelok RT 1/RW 2 Desa Sumberejo Kecamatan Jatisrono hingga kini belum diketahui penyebabnya. Sementara itu, potensi hidup anak sapi bermata tiga, berlidah dua berhidung dua tersebut diklaim hanya 30 persen saja.

“Secara detailnya kami belum lihat secara langsung. Soal keanehan pada kondisi fisik si anak sapi juga belum tahu, bisa saja dari faktor genetika dan faktor lainnya. Tapi, menurut perkiraan dokter hewan itu hanya akibat pembuahan yang tidak sempurna,” ungkap Kabid Kesehatan Hewan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Wonogiri, Surip Surono, Minggu (19/11).

Dijelaskan Surip,  keanehan yang terjadi pada anak sapi tersebut, baru kali pertama dijumpainya. Sehingga keanehan hewan ternak tersebut menjadi perhatian warga Wonogiri.

“Awalnya, anak sapi itu merupakan hasil kawin suntik (inseminasi buatan) dulu dokter hewannya dari Jatiroto. Proses kawin suntik pertama kali gagal, kemudian selang tiga bulan dikawinin lagi. Hasilnya kembar siam, yang satu normal dan satunya lagi si anak sapi aneh tersebut,” kata dia.

Sampai saat ini anak sapi tersebut masih dirawat oleh pemiliknya. Untuk asupan gizi, dokter menganjurkan agar diberi air susu induknya dengan cara diperas kemudian dimasukkan ke dalam botol.

“Ini sudah hari ketiga anak sapi aneh itu lahir. Kemungkinan hidup untuk anak sapi aneh itu kata dokter hewan, peluangnya hanya sekitar 30 persen,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge