0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lupa Isi Saldo Uang Elektronik Saat Lewat Tol, Ini Solusinya

​(dari kiri) Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Bandoe Widiarto, ​Direktur Keuangan PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) Yudhi Mahyudin, dan Kepala Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo Teguh Prakosa memperagakan cara pembayaran pintu tol dengan uang elektronik saat Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Pembayaran Non-Tunai di Jalan Tol Soker di gelaran Car Free Day, Minggu (19/11) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Anda hendak pergi dari Solo ke Ngawi untuk menghadiri acara pernikahan saudara. Karena waktu mepet, anda pun lewat jalan tol untuk menghindari puluhan persimpangan yang menghambat perjalanan. Dengan percaya diri, mobil Anda arahkan memasuki gerbang tol. “Tap,” kartu elektronik Anda tempelkan ke mesin Electronic Data Capture (EDC) yang terpasang di pintu masuk. Gerbang tol pun terbuka.

Semua lancar tanpa hambatan. Sampai akhirnya sampai di pintu keluar, kartu Anda tempelkan ke EDC dengan harapan gerbang langsung terbuka. Namun setelah beberapa kali mencoba, portal yang menghadang di depan mobil tak kunjung terangkat.

“Ah, lupa isi saldo,” kutuk anda dalam hati.

Tak perlu khawatir, PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku pemegang konsesi tol Solo – Ngawi sudah menyiapkan solusi bagi pengguna yang lupa saldonya tidak cukup untuk membayar tol.

“Tinggal tekan tombol bantuan. Petugas kami akan datang,” kata Manager Operasional PT SNJ, Imam Zarkasih, Minggu (19/11).

Petugas akan membukakan gerbang untuk anda dengan uang elektroniknya. Sebagai gantinya, anda harus membayar secara tunai kepada petugas sesuai harga yang tertera di layar.

Meski membayar secara tunai memungkinkan, Imam menekankan, agar pengguna jalan tol tetap menyiapkan uang elektroniknya dengan cermat. Pasalnya, pembayaran secara tunai melalui petugas tentunya lebih lama dibanding langsung menempelkan kartu ke EDC yang hanya butuh waktu dua detik.

“Tentunya akan mengganggu kelancaran jalan tol,” kata dia.

Jika Anda sempat ingat untuk mengisi saldo sebelum sampai di pintu keluar, Imam menyarankan untuk mampir ke Rest Area terdekat bila memungkinkan. Di sana Anda bisa mengisi saldo melalui mesin ATM atau toko-toko ritel yang mendukung uang elektronik. Alternatif lain, anda bisa mengisi saldo secara online melalui intenet banking.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge