0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diabetes Mellitus Dapat Dicegah dengan Pola Hidup Sehat

Suasana penyuluhan kesehatan yang dilakukan dr Yongki di halaman RS Triharsi Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)
Solo — Penyakit Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit berbahaya dan tak jarang sering memakan korban bagi penderitanya. Namun demikian,  masyarakat tidak perlu khawatir karena penyakit tersebut pada dasarnya bisa dicegah dan dapat dikendalikan melalui pola hidup sehat.
“Penyakit Diabetes Mellitus merupakan salah satu penyakit mematikan tertinggi di dunia. Kendati demikian,  penyakit ini sebenarnya dapat dicegah yaitu dengan mengetahui indikasi awal atau gejalanya,” ujar dr Yongki Afi,  SpPD MKes kepada wartawan, Sabtu (18/11).
Beberapa gejala yang bisa diketahui bagi penderita DM diantaranya adalah mudah capek, mudah lapar, berat badan turun drastis, sering kencing dan sebagainya. Jika merasakan kondisi itu, disarankan penderita segera kontrol ke dokter atau rumah sakit terdekat sebelum terlambat.
“Karena kalau segera tertangani dengan baik, sebenarnya penyakit DM dengan kualifikasi tipe dua masih bisa dikendalikan. Yaitu melalui cara kontrol lemak, kolesterol dan pola hidup sehat,” jelas dia.
Namun sebaliknya, jika sudah kronis dan fungsi pankreas tidak mampu memproduksi insulin secara normal maka proses penyembuhannya juga semakin sulit. Bahkan tak sedikit penderita DM yang sampai meninggal dunia.
Dari data terakhir, Yongki menyampaikan sekitar lima juta orang meninggal dunia akibat penyakit DM. Bahkan karena membahayakannya penyakit itu, DM menduduki peringkat ketiga penyakit mematikan di dunia setelah stroke dan jantung.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge