0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bullying Berawal dari Tindakan Iseng

Kasikum Polsek Laweyan, Iptu Endang Tri Handayani sebagai narasumber Kelas Inspirasi SD Muhammadiyah PK Kottabarat (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Sebanyak 56 siswa kelas VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat mengikuti kegiatan Kelas Inspirasi yang digelar di aula lantai 4 SD Muhammadiyah PK. Kelas inspirasi kali kedua ini menghadirkan Kasikum Polsek Laweyan, Iptu Endang Tri Handayani sebagai narasumber.

“Kegiatan dengan tema Bullying No, Prestasi Yes ini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada siswa kelas VI tentang bullying dan akibatnya,” jelas Kepala Sekolah SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Nur Salam kepada wartawan, di sekolah setempat, di Solo, Jumat (17/11).

Pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini dan berharap tidak ada bullying di lingkungan sekolahnya. Anak-anak kelas VI juga harus lebih fokus lagi untuk menghadapi ujian sekolah.

Pada kesempatan itu, Iptu Endang Tri Handayani menyampaikan, bullying bisa berawal dari tindakan iseng. Iseng merupakan hal biasa yang dilakukan anak-anak. Iseng yang mereka lakukan sekadar gurauan atau candaan untuk melepas kepenatan.

Hal yang perlu diingat adalah sejauh mana batas keisengan anak-anak usia SD. Iseng yang sudah mengarah kepada tindakan bullying baik secara fisik, psikis, dan verbal harus segera mendapatkan penanganan yang serius dari pihak sekolah. Mengingat akibat yang serius dari tindakan bullying tersebut, seperti depresi, minder, cemas, merasa terisolasi, balas dendam, bahkan sampai yang paling fatal berujung pada bunuh diri.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge