0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, Satgas Seliweran dan Satgas Berdaster Bakal Beraksi

Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Polres Wonogiri bakal membentuk Satgas Seliweran dan Satgas Ibu-Ibu Berdaster atau Satgas Sayang Anak. Hal itu dilakukan lantaran kepekaan masyarakat Wonogiri rendah dalam melihat kondisi sekitar terbilang rendah. Khususnya dalam menyikapi maraknya kasus kekerasan pada anak dan perempuan belakangan ini.

“Adanya kita buat dua konsep itu biar mudah dipahami masyarakat dan menilik beberapa hal. Diantaranya, banyaknya kasus kekerasan pada anak dan perempuan yang terjadi selama ini, karena rendahnya kepekaan masyarakat Wonogiri dengan kondisi sekitar, hal lain juga ikut andil yakni faktor orang tua boro,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora seusai Workshop dengan tema “Peningkatan peran keluarga dan remaja untuk mencegah kekerasan seksual terhadap anak-anak di sekolah dasar” di Pendopo Rumdin Bupati Wonogiri, Jumat (17/11).

Kapolres memaparkan, Satgas Seliweran itu sendiri terdiri dari PKK, Linmas, Satgas Sayang Anak, TNI/ Polisi. Tugas mereka melakukan patroli di setiap lingkungan sekolah, mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK. Tujuannya, mereka mencari pelajar yang kedapatan diluaran ketika jam sekolah.

“Mereka (pelajar) yang tertangkap akan kita bawa ke sekolahnya, sama gurunya langsung kita berikan arahan. Sekolahan yang kedapatan itu, akan kita pasang bendera hitam sebagai kondite atau penilaian bahwa telah terjadi kerawanan di sekolah dan juga kurangnya perhatian dan atensi pihak sekolah,” kata Kapolres.

Sedangkan Satgas Berdaster, beber Kapolres, terdiri dari para ibu- ibu rumah tangga atau orang tua khususnya ibu-ibu yang tidak bekerja berpatroli ditingkat RT. Supaya, dapat melihat kondisi riil anak- anak yang ditinggal boro oleh orang tuanya. Hal itu juga didampingi pihak pengurus PKK, Polsek dan Koramil.

“Tugasnya mengecek. Kalau, yang dititipi anak-anak yang orang tuanya boro tadi tidak mampu mengasuh dan mengawasi maka pihak Satgaslah yang nantinya akan menampungnya,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge