0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kanwil DJP Jateng II Dorong Pelaku UMKM

Suasana Solo Inovatif Expo di Manahan (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ikuti pameran Solo Inovatif Expo di Halaman Parkir Stadion Manahan, Jumat (17/11). Even yang digelar oleh Kantor wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II itu bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM  agar dapat semakin berkembang.

“Kegiatan ini memang baru pertama kali dilakukan di Solo. Namun demikian, di daerah lain even serupa juga digelar oleh Kantor Pajak,” ujar Kepala Bidang Humas Kanwil DJP Jateng II Nur Handoyo kepada wartawan.

Menurutnya, potensi pelakuUMKM di Solo jika digarap secara serius bisa berkembang lebih pesat. Terlebih, dorongan dan kemudahan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah terhadap pelaku UMKM saat ini dianggap cukup besar.

“Dengan even ini kita harapkan dapat mendorong pelaku UMKM bisa semakin tumbuh. Seperti halnya Sritex, mereka dulu juga berangkat dari kondisi serupa yaitu UMKM,” jelasnya.

Nur juga menyampaikan, kontribusi UMKM secara nasional mampu memberikan andil cukup besar terhadap produk domestic bruto (PDB). Namun demikian, kontribusi mereka terhadap penerimaan pajak terbilang masih cukup kecil yaitu hanya sekitar 5 persen.

“Oleh karena itu, kita berharap jika pelaku UMKM di Solo bisa berkembang dapat turut mendorong penerimaan pajak,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge