0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penganiaya Taruna Akpol Divonis Bersalah

Sidang kasus penganiayaan Taruna Akpol ()

Timlo.net – Sembilan terdakwa penganiaya Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), dinyatakan bersalah. Kesembilan orang yang juga berstatus sebagai Taruna Akpol tersebut divonis 1,5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Casmaya menilai para terdakwa terbukti melanggar Pasal 170 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

“Menjatuhkan pidana selama 6 bulan dikurangi masa tahanan yang telah dijalani,” kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Casmaya, Jumat (17/11).

Terdakwa dalam kasus penganiayaan juniornya di Akpol tersebut adalah Joshua Evan Dwitya Pabisa, Reza Ananta Pribadi, Indra Zulkifli Pratama Ruray, Praja Dwi Sutrisno. Selanjutnya, Aditia Khaimara Urfan, Chikitha Alviano Eka Wardoyo, Rion Kurnianto, Erik Aprilyanto dan Hery Avianto.

Hakim dalam vonisnya mempertimbangkan bahwa sembilan terdakwa terbukti tidak melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Adam, hingga menyebabkan meninggal dunia.

“Meninggalnya Muhammad Adam bukan akibat yang dilakukan oleh para terdakwa. Ibu kandung para korban juga telah memaafkan dan menyerahkan proses hukum ke institusi Akpol,” katanya.

Hal yang meringankan karena para terdakwa telah mengakui perbuatannya, mereka juga telah berdamai dengan para taruna tingkar II. Hakim juga menyebut bahwa para terdakwa merupakan calon perwira terbaik bangsa yang masih memiliki masa depan panjang. Sementara perbuatan terdakwa bukanlah suatu balas dendam, namun karena pembinaan.

Dengan vonis tersebut, para terdakwa yang sudah ditahan sejak 21 Mei 2017, langsung bebas. Namun Jaksa Penuntut Umum dan penasehat hukum sama-sama menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

“Ini tentu sudah menjadi usaha yang maksimal dari kami tim kuasa hukum. Tentu kita bersyukur. Anak-anak ini merupakan pemuda terbaik perwakilan dari pelosok negeri. Jadi tidak ada jeleknya untuk melanjutkan sekolah lagi,” kata HD Djunaedi selaku ketua tim pengacara.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge