0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Temukan Anggota Ganda, KPUD Kembalikan Berkas 12 Parpol

KPUD Boyolali mengembalikan berkas 12 parpol yang belum lengkap terkait dengan data administrasi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — KPUD Boyolali mengembalikan berkas 12 Parpol setelah dilakukan verifikasi. Berkas yang dikembalikan wajib diperbaiki hingga 1 Desember mendatang.

“Perbaikan mulai hari ini hingga awal bulan Desember,” kata Anggota KPUD Boyolali, Ali Fachrudin, Kamis (16/11)

Dijelaskan, banyak data administrasi yang belum lengkap dan harus diperbaiki. Hal itu terjadi di 12 Parpol. Selain itu, pihaknya juga menemukan data anggota ganda.

“Ada sekitar empat ratus data ganda yang ditemukan,” tambah Ali.

Selain itu, pihaknya juga menemukan data anggota di bawah umur, anggota TNI /Polri, masuk dalam anggota Parpol. Pihaknya sudah melakukan verifikasi langsung dengan mendatangi yang bersangkutan.

“Kita cek langsung ke rumah, ternyata anggota TNI tersebut bukan anggota Parpol tersebut,” imbuh Ali.

Selain itu, dalam verifikasi faktual yang dilakukan KPU sejak 17 Oktober lalu, ditemukan juga keanggotaan yang tidak sah karena mereka berstatus PNS . Mereka pun juga sudah diverifikasi dan mereka menyatakan bukan anggota Parpol.

“Untuk keanggotaan yang tidak sah karena belum cukup umur, hal itu terjadi karena kesalahan imput data oleh parpol bersangkutan. Karena kalau mereka sudah memegang KTP, maka mereka kan sudah berusia 17 tahun,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PDIP Boyolali, Sarno, mengaku siap untuk melakukan perbaikan berkas atau dokumen yang dikembalikan tersebut.

“Segera kita lakukan perbaikan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge