0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rektor UNS Ajak Mahasiswa Perhatian terhadap Kelapa Sawit

Sawit Goes to Campus di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS mengajak mahasiswa agar memberi perhatian terhadap tanaman Kelapa Sawit. Baik sebagai petani, pengusaha maupun peneliti kelapa sawit.

“Sadar atau tidak, kita tiap hari sebenarnya sudah berhubungan dengan sawit, salah satunya karena mengonsumsi minyaknya,” ungkap Prof Ravik didampingi Tulus Budhianto, Direktur Kemitraan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, saat acara Sawit Goes to Campus, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Kamis (16/11).

Sejauh ini, menurut Ravik, memang tidak banyak orang mengetahui minyak tersebut berasal. Sehingga adanya acara Sawit Goes to Campus di UNS, mahasiswa dapat mengetahui tentang sawit. Karena banyak yang sudah berhasil dan sukses dalam bidang kelapa sawit, ada yang berasal dari petani, pengusaha adapun peneliti tentang sawit.

Acara Sawit Goes to Campus yang mengambil tema “Sawit antara Mitos dan Fakta” menghadirkan narasumber Togar Sitanggang, Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Dr Witjaksana Darmosarkoro, pakar sawit indonesia, Rino Afrino dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) dan Prof Sri Raharjo, Guru Besar UGM Yogyakarta.

 Pada kesempatan itu, Tulus Budhianto mengemukakan tentang kelapa sawit. Diantaranya, luas perkebunan kelapa sawit merupakan yang paling sempit dibandingkan dengan perkebunan minyak nabati lainnya. Namun mampu menghasilkan jumlah produksi minyak paling banyak.

“Selain itu, kelapa sawit relatif hemat air dalam menghasilkan bioenergi. Rata-rata kebutuhan air kelapa sawit untuk menghasilkan satu Giga Joule bioenergi lebih kecil dari kebutuhan air kedelai,” jelasnya.

Menurutnya, minyak sawit tidak mengandung kolesterol dan asam lemak trans. Minyak sawit mengandung vitamin E yang tinggi, vitamin A yang relatif tinggi, dan asam lemak esensial yang berperan penting sebagai antioksidan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge