0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Zebra Candi, Ribuan Orang Kena Tilang, Kecelakaan Meningkat

Solo – Satlantas Polresta Solo menindak sebanyak 2.875 pengendara kendaraan bermotor dalam Operasi Zebra Candi 2017 yang digelar selama dua pecan terakhir. Rata-rata pelanggar merupakan karyawan swasta dan sebagian pelajar.

“Total mencapi 2.875 pelanggar lalu lintas yang kami kenai tilang (tindak pelanggaran-red),” terang Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polresta Solo,  Iptu Bambang Subekti kepada wartawan, Rabu (15/11) siang.

Dari data yang dimiliki, jumlah pelanggar tahun ini turun sekitar 3 persen dibandingkan tahun 2016 lalu. Tahun 2016 tercatat, total pelanggar lalu lintas mencapai 2.962 pelanggar lalu lintas yang terjaring. Untuk tahun ini, mencapai 2.875 pelanggar lalu lintas.

Disinggung terkait kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama operasi serempak tersebut, Iptu Bambang mengaku terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, kecelakaan mencapai 16 kasus. Sedangkan, tahun 2016 hanya tercatat 9 kasus kecelakaan.

“Meski begitu, untuk fatalitas untuk tahun ini menurun. Meski tergolong banyak, tidak ada yang mengakibatkan korban jiwa,” ungkapnya.

Faktor pemicu terjadinya kecelakaan, lanjut perwira Satlantas ini, adalah pengendara kendaraan tergesa-gesa untuk sampai tujuan. Sehingga, membahayakan diri dan pengendara kendaraan yang lain.

“Kebanyakan pemicunya adalah ngebut. Jadi, saat operasi dilakukan mereka memacu kendaraan dengan posisi kencang. Inilah yang mengakibatkan factor terjadinya laka lantas disamping faktor kurangnya menghargai pengguna jalan yang lain,” katanya.

Pihaknya menghimbau, supaya pengguna kendaraan lebih berhati-hati dan menghargai sesama pengguna jalan. Disamping itu juga, mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku seperti menggunakan helm, mengikuti aturan traffic light, membawa kelengkapan surat kendaraan dan masih banyak yang lain.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge