0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BCB Pagoda Penuh Corat-Coret, Ini Kata Ketua DPRD Solo

Pagoda di Mojosongo, Jebres, Solo penuh coretan (dok.timlo.net/heru myurdhani)

Solo — Mangkraknya Benda Cagar Budaya (BCB) Pagoda Jebres menimbulkan keprihatinan sejumlah pihak. Tak terkecuali, perhatian tersebut datang dari pimpinan DPRD Kota Solo.

“Kami sangat menyayangkan ya, karena kan memang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, ya seharusnya bisa dirawat dengan baik,” ungkap Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa saat dijumpai Timlo.net, Rabu (15/11).

Teguh mengatakan, pihaknya mendorong Pemkot Solo untuk bisa melakukan perawatan terhadap BCB yang ada di wilayah Kota Solo. Hal ini karena sudah merupakan amanat dari undang-undang.

“Kita selalu mendorong pemerintah kota untuk bisa memelihara, kalau belum bisa memelihara, ya minimal menjaga agar tidak rusak. Sebab ini penanda sejarah,” ujar Teguh.

Seperti diketahui, Pagoda Jebres yang berada di kawasan Kampus II Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Mojosongo, Jebres, Solo tersebut kondisinya memprihatinkan. Bangunan yang ditetapkan sebagai BCB pada tahun 2014 lalu tersebut tampak kumuh dan penuh dengan coretan menggunakan cat semprot. Selain itu bangunan bertingkat tujuh tersebut juga diketahui terkelupas bagian temboknya, sehingga terlihat susunan batu bata di bagian tengah bangunan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge