0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengisian 134 Sekdes Kosong Belum Jelas

Sukoharjo — Dari 150 desa yang ada di Sukoharjo, sebanyak 134 jabatan Sekretaris Desa dan 294 Perangkat Desa kosong. Selama kekosongan ini, jabatan sekdes diampu oleh PJS dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), sedangkan untuk kekurangan perangkat desa lainnya, belum dilakukan rekrutmen.

“Selama ini jabatan sekdes kosong dan diampu oleh PNS, kami meminta ketegasan dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo perihal penarikan PNS yang diperbantukan sebagai PJ sekdes. Karena dengan kondisi ini kita tidak bisa melakukan rekrutmen sekdes dan menimbulkan keresahan,” kata Kepala Desa Manang, sumarno, Selasa (14/11).

Sementara itu dari Pemerintah Kabupaten sukoharjo menyampaikan belum bisa memastikan kapan bisa dilakukan pengisian kekosongan jabatan sekdes dan perangkat desa tersebut. Pasalnya, saat ini ada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 67 Tahun 2017 yang mengatur regulasi pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang baru.

Dengan turunnya peraturan baru tersebut, Pemkab Sukoharjo baru melaksanakan sosialisasi mengenai peraturan baru yang menggantikan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015. Sedangkan aturan turunan di Pemkab Sukoharjo masih merujuk aturan lama dengan Perda Nomor 19 tahun 2016 yang ditindak lanjuti dengan Perbup Nomor 72 tahun 2017.

“Kita belum bisa memastikan kapan pengisian kekosongan tersebut bisa dilaksanakan, hasil sosialisasi ini akan kami laporakn ke pimpinan. Intinya pengangkatan sekdes dan perangkat desa di tangan kades dan melalui metode mutasi atau penjaringan,” tandas Kabag Pemerintahan Desa, Setyo Aji Nugroho.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge