0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sragen Gencarkan Sosialisasi Desa Tangguh Bencana

Sosialisasi Desa Tangguh Bencana di Desa Tangkil, Kecamatan Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Sragen menggencarkan sosialisasi Desa Tangguh Bencana di setiap wilayah yang dinilai rawan terhadap bencana. Keterlibatan semua pihak sangat diperlukan untuk penanganan bencana di wilayah setempat.

“Program Desa Tangguh Bencana diharapkan bisa muncul dan mewujudkan relawan bencana yang terorganisir di wilayah desa tersebut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Dwi Sigit Kartanto.

Dalam sosialisasi Desa Tangguh Bencana di Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, belum lama ini, Sigit menyampaikan, prioritas utama dari kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk menumbuhkan kesadaran warga mengenai kepekaan dan deteksi dini terhadap suatu bencana.

Menurut Sigit, paradigm kebencanaan sekarang telah berubah, kalau sebelumnya adalah penanggulangan bencana, sekarang upaya pencegahan atau antisipasi dari suatu bencana.

Kapolsek Sragen, AKP Suseno mengatakan, untuk pelayanan darurat termasuk kebencanaan, kepolisian sudah menyiapkan layanan 110. Untuk penanganan bencana sendiri, telah terjalin sinergitas antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak  TNI/Polri dalam deteksi dini dan tganggap bencana di tingkat desa.

“Warga jika membutuhkan bantuan Polri maupun instansi yang lain dapat mencari informasi awal dri layanan 110 tersebut,” kata AKP Suseno.

Sosialisasi Desa Tangguh Bencana tersebut melibatkan seluruh elemen masyarakat tingkat desa, perangkat desa, warga, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge