0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sensus Penduduk 2020, Tak Ada Lagi Data Ganda

(merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah siapkan data tunggal yang dijadikan acuan pemerintah dalam arah kebijakan. Data tersebut akan disusun melalui sensus penduduk di 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, mengatakan saat ini masih ada dua data yang dijadikan acuan pemerintah dalam arah kebijakan. Yaitu data penduduk BPS dan Kementerian Dalam Negeri.

Menurutnya, terdapat perbedaan konsep dan definisi kependudukan yang digunakan BPS dan Kemendagri. Akibatnya masih ada perbedaan data dari keduanya.

“Ini menimbulkan kebingungan di masyarakat dan pengguna data, sehingga perbedaan ini harus diakhiri sehingga semua bisa data tunggal untuk buat kebijakan,” ujarnya di kantor BPS, Jakarta, Selasa (14/11).

Suhariyanto menjelaskan pada pelaksanaan sensus penduduk 2020, pihaknya tak lagi memakai metode tradisional. Namun juga memanfaatkan data kependudukan milik Kemendagri.

“Ini dinamakan combine metode,” tegasnya.

Dengan memakai metode ini, data kependudukan dapat menjadi tunggal dan bahan acuan seluruh pihak untuk menentukan arah kebijakan. Untuk itu, BPS akan bekerja sama dengan Kemendagri dalam pelaksanaan sensus penduduk 2020.

“Kita berharap kerjasama ini berjalan baik dan putus rantai masalah yang muncul saat ini. Semoga dengan adanya komunikasi yang intens dari BPS dengan Kemendagri perencanaan dan pembangunan khususnya pengambilan kebijakan kependudukan berjalan lebih baik,” jelasnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge